SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia U-19 (PSSI.org)

Piala AFF U-18 diwarnai dengan Indonesia yang lolos ke babak semifinal.

Solopos.com, YANGON — Timnas Indonesia U-19 lolos dari lubang jarum setelah meraih kemenangan impresif 8-0 atas Brunei Darussalam dalam laga terakhir Grup B Piala AFF U-18 di Stadion Thuwunna, Myanmar, Rabu (13/9/2017).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pesta gol ini membawa Egy Maulana Fikri dkk. merangsek menjadi juara grup dan meraih tiket ke semifinal. Di babak empat besar, Jumat (15/9/2017), Indonesia sudah ditunggu Thailand yang menjadi runner up Grup A.

Memori kesuksesan Garuda Nusantara, julukan Timnas U-19, menjuarai Piala AFF U-18 di Stadion Delta, Sidoarjo, empat tahun silam pun mulai kembali membayang di publik Tanah Air. Saat itu Indonesia sukses meraih gelar juara Piala AFF U-19 kali pertama seusai menaklukkan Vietnam dalam drama adu penalti. Padahal di babak grup Evan Dimas dkk. sempat kalah dari Vietnam.

Uniknya, tahun ini Timnas juga sempat keok dari Vietnam 0-3 sebelum memastikan diri lolos ke semifinal. Pelatih di dua kejuaraan itu juga masih sama, Indra Sjafri. Deja vu ini kian melambungkan asa Garuda Nusantara untuk kembali meraih supremasi tertinggi.

Terlebih permainan Timnas U-19 kali ini masih solid dengan mengandalkan tiki-taka dan serangan cepat. Total Indonesia mencetak 19 gol dari empat pertandingan atau 4,75 gol tiap laga. Selain Brunei, Filipina pernah merasakan keganasan Hanis Saghara dkk. saat dibantai 9-0 di laga grup.

Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, meminta para pemainnya tetap rendah hati meski baru saja menang besar. Dia menyebut tantangan lebih berat sudah berada di depan mata Rahmat Irianto dkk. Meski demikian, Indra mengaku tak gentar dengan Thailand di semifinal.

“Kami sudah siap melawan siapa saja untuk melaju ke partai final,” ujarnya seperti dilansir Antara, Rabu malam.

Saat melawan Brunei, Garuda Nusantara sebenarnya punya tekanan besar karena berada di bawah Vietnam dan Myanmar di klasemen. Mereka bahkan harus menang delapan gol tanpa balas untuk menentukan nasib di tangan sendiri. Alih-alih tampil canggung, Indonesia justru langsung bermain impresif dengan mencetak gol saat laga baru berjalan 43 detik.

Rafli sukses membuka keran gol yang membawa kepercayaan diri Timnas di menit-menit berikutnya. Di laga itu, M. Rafli yang menjadi starter menggantikan Hanis Saghara mampu menjawab kepercayaan Indra Sjafri dengan torehan hattrick. Gol lain dicetak Egy (dua gol), Witan Sulaiman (dua gol) dan Hanis Saghara satu gol.

“Penampilan Rafli cukup positif, tapi dia masih muda. Banyak yang harus diperbaiki. Jangan dibesar-besarkan dulu,” ucap Indra dilansir Liputan6.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya