SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl (PSSI.org)

Piala AFF 2016 diwarnai dengan absennya dua bek Indonesia.

Solopos.com, BOGOR – Indonesia akan menghadapi Vietnam pada laga semifinal Piala AFF 2016. Di leg pertama, Indonesia dipastikan tak bisa memainkan dua bek andalan mereka, Fachrudin Aryanto dan Yanto Basna.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kedua bek tengah itu mendapat akumulasi kartu. Kartu kuning terakhir keduanya didapat saat melawan Singapura di partai fase grup. Absennya Fachrudin dan Basna tentu menjadi kerugian tersendiri bagi Indonesia, mengingat keduanya adalah bek andalan Timnas di bawah asuhan Alfred Riedl.

Riedl bahkan selalu memainkan kedua pemain itu di tiga laga fase grup Piala AFF 2016. Tak hanya itu, dalam beberapa laga uji coba jelang Piala AFF, Fachrudin dan Basna juga selalu diduetkan. Dengan absennya dua pemain ini, pertanyaan pun mencuat mengenai siapa yang akan jadi pengganti.

Riedl sendiri sudah menemukan pengganti yang pas untuk diduetkan di jantung pertahanan. Namun pelatih asal Austria itu enggan mengungkapkannya. “Kami sudah hampir menemukan pengganti Fachrudin dan Basna. Tapi, saya tak akan memberitahu Anda,” kata Riedl seperti dikutip dari Liputan6.com, Selasa (29/11/2016).

Melihat skuat yang dipanggil Riedl, ada dua nama bek tengah yang memang dijadikan pelapis yakni Hansamu Yama dan Gunawan Dwi Cahyo. Selain itu ada Manahati Lestusen yang dalam beberapa laga dimainkan sebagai bek kanan. Kendati demikian, pemain jebolan Timnas U-23 itu juga bisa bermain di banyak posisi termasuk bek tengah.

Mengenai kekuatan lawan, Riedl menyebut Vietnam sebagai tim kuat. Hal itu sudah dibuktikan pada dua laga uji coba melawan Vietnam sebelum Piala AFF bergulir. Saat bertarung di Stadion Maguwoharjo, Boaz Solossa dan kawan kawan bisa menahan Vietnam 2-2. Namun, timnas dipaksa menyerah 2-3 saat gantian bertandang ke markas Vietnam.

“Kita harus mengakui bahwa Vietnam adalah tim yang kuat dan itu tak akan menjadi laga yang mudah bagi kami. Mereka memiliki keseimbangan permainan. Tapi, mereka juga tak akan mudah mengalahkan kami,” terang pelatih 67 tahun itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya