SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi. dokJIBI/SOLOPOS

SINGAPURA—Rekor baru akan tercipta di gelaran Piala AFF 2012. Siapakah yang bakal menjadi jawara, Singapura atau Thailand, akan menjadi pemegang trofi terbanyak dalam gelaran dua tahunan kompetisi paling bergengsi di kawasan Asia Tenggara ini.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Baik Thailand dan Singapura, sama-sama telah menyandang tiga gelar dalam AFF. Singapura adalah juara pada edisi 1998, 20004 dan 2007, sedang Thailand menjadi yang terkuat di edisi 1996, 2000 dan 2002.

Bagi Thailand di edisi kali ini bisa dibilang tampil tanpa cela. Tim Gajah Perang lolos dari fase grup dengan skor sempurna, tiga kali kemenangan dalam tiga laga, serta menggulung juara bertahan, Malaysia di semifinal dengan agregat 3-1.

Penampilan apik Thailand ini seakan menjadi jawaban atas kegagalan pada edisi sebelumnya di tahun 2010. Dua tahun lalu, tim Gajah Perang gagal melaju ke babak semifinal setelah tersisih dari Indonesia dan Malaysia.

Di sisi lain, catatan Singapura ke partai puncak tak semoncer Thailand. Meski tampil sebagai juara grup di babak penyisihan, The Lions memiliki sedikit noda dengan kekalahan dari Indonesia 0-1 di fase Grup B.

Namun, The Lions lambat laun mulai memperbaiki kesalahannya. Mereka lolos ke final dengan mengalahkan salah satu favorit juara, Filipina, dengan agregat 1-0.

Singapura dan Thailand akan menjalani dua laga final di Piala AFF. Partai puncak leg pertama akan digelar di Stadion Jalan Besar, Singapura, Rabu (19/12/2012) petang WIB. Sementara final leg kedua akan digeber di kandang Thailand, Stadion Supachalasai, tiga hari berselang.

Aturan gol tandang menjadi salah satu penentu siapa yang berhak menjadi juara tahun ini. Siapakah yang menjadi jawara, Singapura atau Thailand, tentunya layak dianggap sebagai tim terbaik Asia Tenggara.

Daftar Juara Piala AFF

Tahun

Juara

Runner up

1996

Thailand

Malaysia

1998

Singapura

Vietnam

2000

Thailand

Indonesia

2002

Thailand

Indonesia

2004

Singapura

Indonesia

2007

Singapura

Thailand

2008

Vietnam



Thailand

2010

Malaysia

Indonesia

2012

?

?

 







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya