SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pesepak bola Singapura, Baihakki Khaizan (kanan), berebut bola di udara dengan pemain Thailand, Piyaphon Buntao (kiri), dalam laga final Piala AFF 2012 leg kedua di Stadion Supachalasai, Bangkok, Sabtu (22/12/2012). JIBI/SOLOPOS/Reuters

BANGKOK—Singapura menelan kekalahan dari Thailand di final leg kedua Piala AFF 2012. Meski demikian, hal itu tak mengubah kepastian Singapura untuk keluar sebagai juara.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Kemenangan 1-0 atas Singapura di Stadion Suchaphalasai, Bangkok, Sabtu (22/12/2012) malam WIB, tak cukup memuluskan jalan Thailand merebut trofi AFF. Hasil ini membuat Singapura-lah yang tampil sebagai pemenang laga final dengan skor agregat 3-2, karena di pertemuan pertama menang 3-1.

Ekspedisi Mudik 2024

Bermain di depan pendukungnya, Thailand mutlak menguasai permainan. Sejak menit awal skuat besutan Winfried Schaefer terus menerapkan serangan.

Namun, skuat Gajah Perang baru bisa memecah kebuntuan menjelang babak pertama bubaran. Pada menit ke-45, diawali tendangan penjuru Datsakorn, Kirati Keawsombut menyambar bola dengan kepalanya yang tak mampu dihalau kiper Singapura.

Kedudukan pun berubah 1-0 saat turun minum. Namun, siapa sangka kalau ini merupakan gol terakhir yang tercipta dalam laga AFF musim ini.

Selepas turun minum, Thailand memang kembali melakukan serangan bertubi-tubi. Namun, disiplinnya barisan pertahanan Singapura sulit ditaklukan.

Hingga peluit tanda pertandingan berakhir, Thailand tak mampu menambah gol. Mereka pun harus merelakan gelar keempatnya diambil Singapura.

Ini adalah gelar keempat bagi Singapura setelah sebelumnya mereka juara pada tahun 1998, 2004, dan 2007. Sementara, bagi Thailand kembali melanjutkan penantiannya akan trofi AFF. Kali terakhir Thailand menjuarai AFF adalah edisi 2002.

Susunan pemain

Thailand: Kawin Thamsatchanan (GK), Panupong Wongsa ©, Theerathon Bunmathan, Chonlatit Jantakam, Datsakorn Thonglao (Pipob Onmo 69’), Adul Lahsoh, Chanathip Songkrasin (Jakkapan Pornsai 74’), Phichitphong Choeichiu, Piyaphon Bantao, Kirati Keawsombut (Apipoo Sunthornpanavej 79’), Teerasil Dangda.

Singapura: Izwan Mahbud (GK); Daniel Bennett, Safuwan, Shaiful Esah, Isa Halim, Baihakki Khaizan, Shahdan Sulaiman (F Nawaz 77’), Mustafic Fachrudin, Shahril Ishak ©, Khairul Amri (Qiu Li 87’), Alexander Duric.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya