SOLOPOS.COM - Jenderal TNI Moeldoko (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Indonesia dan Filipina membahas kerja sama militer antara kedua negara dalam pertemuan Philindo Military Corporation 2014 yang diadakan di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (23/4/2014). “Pertemuan ini diadakan setiap tahun sekali dan secara bergantian. Tahun depan akan dipimpin oleh Panglima Angkatan Bersenjata Filipina,” jelas Panglima TNI Jenderal Moeldoko kepada wartawan.

Dalam pertemuan yang dipimpin oleh Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko dan Panglima Angkatan Bersenjata Filipina General Emmanuel T Bautista, kedua belah pihak bersama-sama membahas mengenai evaluasi dan kelanjutan rencana kerja sama militer tahun mendatang. Kerja sama yang dilakukan antara lain kerja sama di bidang intelijen, bidang operasi dan latihan, dan bidang pendidikan dan pelatihan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Di dalam pertemuan kali ini, para subcomitte menyampaikan laporan kepada para panglima tentang apa yang  dikerjakan dan pekerjaan di 2015 akan seperti apa,” tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Panglima Angkatan Bersenjata Filipina General Emmanuel T Bautista mengungkapkan keinginannya untuk terus melakukan kerjasama militer dengan Indonesia. “Kami menginginkan kooperasi yang berlangsung solid antara kedua negara. Kita adalah tetangga terdekat di Asia, kita berbagi permasalahan yang sama, ” jelasnya kepada wartawan.

Dalam pertemuan ini, Emmanuel juga menyerahkan penghargaan berupa medali Satyalanca CSAFP Commedation Medal kepada prajurit TNI. Medali tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan Filipina atas bantuan yang diberikan oleh prajurit TNI saat topan Haiyan menerpa Provinsi Leyte, Filipina.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya