Phapros Bertekad Tingkatkan Kinerja, Rencanakan Akuisisi Perusahaan Farmasi

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Phapros Tbk. Yang pada 2017 lalu mencatatkan peningkatan penjualan hingga 23%, bertekad meningkatkan kinerja dengan merencanakan akuisisi perusahaan farmasi hingga mendongkrak kapasitas mesin.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT Phapros Barokah Sri Utami alias Emmy seusai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Phapros Tahun Buku 2017 di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (26/4/2018).

Dalam RUPS Phapros Tahun Buku 2017 itu mengemuka perseroan tersebut mencatatkan Rp1,002 triliun angka penjualan atau naik 23% dari data tahun sebelumnya yang nilainya hanya Rp816 miliar. "Pada tahun 2017, Phapros berhasil meningkatkan kinerja," simpul Emmy.

Peningkatan kerja itu, lanjut Emmy, dicapai Phapros baik di sisi penjualan maupun laba, utamanya dari segmentasi obat generik berlogo (OGB). Diakuinya kontribusi terbesar penjualan Phapros itu berasal dari segmen OGB yang pada tahun 2017 mencapai Rp521,6 miliar atau 52% dari total penjualan.

"Dari sisi laba, Phapros mencatatkan pertumbuhan sebesar Rp125 miliar pada tahun 2017 atau mengalami penaikan sebesar 44% dari data pada tahun sebelumnya," katanya.

Berdasarkan dara Gabungan Perusahaan (GP) Farmasi, ungkap dia lebih lanjut, pertumbuhan kinerja Phapros berada jauh di atas pertumbuhan rata-rata industri farmasi nasional pada tahun 2017 yang minus 2%. Untuk terus meningkatkan performa, kata dia, Phapros telah menyiapkan berbagai rencana strategis, di antaranya mengeluarkan right issue denga nilai Rp500 miliar untuk pengembangan bisnis.

"Salah satunya, untuk akuisisi perusahaan farmasi, kemudian penambahan kapasitas melalui investasi mesin, pemenuhan persyaratan Current Good Manufacturing Practices (CGMP), dan modal kerja," katanya.

Bukan hanya dari sisi kinerja, Emmy menambahkan bahwa Phapros juga menargetkan Proper Emas untuk lingkungan hidup dengan terus berupaya melakukan efisiensi energi demi keberlanjutan pembangunan.

Sementara itu, Direktur Keuangan Phapros Heru Marsono membenarkan pihaknya berencana mengakuisisi perusahaan farmasi untuk pengembangan bisnis seiring peningkatan kinerja. "Rencana akuisisi perusahaan yang juga bergerak di bidang farmasi, kemudian penambahan kapasitas yang sudah ada," katanya tanpa menyebutkan nama perusahaan farmasi yang dimaksud.

Pada RUPS Phapros pada tahun ini, disepakati pembagian dividen senilai Rp87,7 miliar atau 70% dari laba bersih perusahaan yang diberikan kepada pemegang sahan Phapros. Selain itu, pada RUPS tahun ini disepakati pula mengangkat kembali Barokah Sri Utami sebagai dirut Phapros, Syamsul Huda sebagai direktur produksi, dan mengangkat Zainal Abidin sebagai komisaris independen.

Phapros, industri Jateng, right issue

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

5 Faktor Ini Tentukan Tingkat Keparahan Efek Traumatis Anak Korban Kekerasan Seksual

Namun efek traumatis yang dirasakan setiap anak korban seksual berbeda-beda, tergantung sejumlah faktor.

Presiden Tanam Mangrove dan Lepas Tukik di Cilacap

Lepasliar 1.500 tukik penyu lekang dan tukik penyu hijau

Dispar Solo Fasilitasi Pengajuan QR Code PeduliLindungi, Pelaku Usaha Buruan Daftar!

Dinas Pariwisata Kota Solo memfasilitasi pelaku usaha dan kantor instansi untuk pengajuan kode batang atau QR Code PeduliLindungi.

Ngaku Kasatreskrim, Polisi Gadungan Tipu Guru PNS Hingga Rp68 Juta

Tersangka mengaku kepada korban sebagai anggota Polri berpangkat AKP dan menjabat sebagai Kasatreskrim Polres Madiun Kota.

Hampir Sebulan Banjir Rendam Jalan Trans Kalimantan, Kendaraan Antre Melintas

Banjir merendam jalan nasional sepanjang 2,5 kilometer sejak Senin (30/8/2021)

Resmi! Eks Mensos Juliari Batubara Jadi Penghuni LP Tangerang.

Bila harta Juliari tidak mencukupi, maka akan diganti dengan pidana penjara selama 2 tahun.

Yuk Buka Tabungan Secara Digital Melalui OCTO Savers CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengakselerasi kapabilitas fitur dan layanan aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk kemudahan nasabah.

Persis Solo Siapkan 3 Desain Jersey Penuh Filosofi

Bryan Barcelona mengatakan setiap desain jersey memiliki filosofi tersendiri yang berkaitan dengan sejarah Persis maupun identitas tim sebagai klub dari Solo.

Menimba Air, Warga Tasikmadu Karanganyar Temukan Jasad Orang di Dalam Sumur

Jasad warga Pandeyan, Tasikmadu, Karanganyar, ditemukan di dalam sumur oleh tetangga rumah kontrakannya, Kamis (23/9/2021).

Ini Dia Galaxy M22, HP Baru Samsung Harga Rp2 Jutaan

Samsung Galaxy M22 resmi hadir di Indonesia dan bakal dijual secara flash sale akhir bulan nanti.

Bersepeda, Wali Kota Madiun Semangati Warga dan Salurkan Bantuan

Kegiatan bersepeda itu selain menjadi sarana untuk menyemangati masyarakat juga untuk memastikan warga patuh protokol kesehatan.

Satpol PP Wonogiri Kurangi Patroli PPKM pada Malam Hari, Ini Alasannya

Satpol PP Wonogiri mengurangi patroli keliling pada malam hari selama PPKM level 3 namun lebih intensif pada siang hari.

Waduh! Squid Game Dianggap Jiplakan As the Gods Will, Bagaimana Faktanya?

Drama Korea teranyar Netflix, Squid Game, dituduh jiplakan film Jepang, As the Gods Will.

Resmi Diperkenalkan di Jateng-DIY, All New Honda BR-V Siap Mejeng di Solo dan Jogja

All New Honda BR-V dengan 5 varian dan pilihan warna ini dibanderol dengan harga on the road (OTR) di Jateng-DIY mulai Rp260 juta.

Gapoktan Jateng Berkomitmen Kuatkan Lumbung Pangan Masyarakat

Menjaga ketersediaan dan akses pangan perlu dilakukan dengan penguatan cadangan pangan melalui kegiatan lumbung pangan masyarakat (LPM).

Wuzz! Puting Beliung Sapu Kerjo Karanganyar, Atap 3 Rumah Warga Beterbangan

Atap tiga rumah warga Desa Tawangsari, Kerjo, Karanganyar, beterbangan disapu puting beliung yang melanda wilayah itu, Kamis (23/9/2021).