SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Enam atlet voli pasir Program Indonesia Emas (Prima) Pratama yang membela DIY dalam Pada Kejurnas Junior Voli Indoor-Pasir 2012 lalu akan dievaluasi dalam waktu dekat ini.

Pada kejurnas yang digelar 8-15 Januari lalu, pevoli pasir DIY berguguran di babak delapan besar. Meski begitu, penampilan mereka mendapat pujian dari pelatih karena usia yang masih sangat muda dan pengalaman yang masih sedikit namun bisa berusaha maskimal.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

“Evaluasi meliputi beberapa hal, baik dari segi skill, fisik maupun mental atlet. Hal ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan kemampuan atlet,” papar salah satu pelatih Prima Pratama voli pasir DIY, Danang Agus Yuniarto kepada Harian Jogja ketika ditemui di Lapangan Voli Pasir Mandala Krida, Kamis (12/1).

Danang menambahkan jika belum ada tanggal pasti evaluasi ini akan dilakukan. Atlet yang dianggap kurang memenuhi perkembangan akan didegradasi dan atlet yang dinilai mumpuni dan memenuhi syarat bisa mendapat kesempatan promosi masuk Prima Pratama.

“Selain itu, bagi atlet yang sudah terdegradasi bisa masuk kembali ke dalam Prima Pratama jika dia bisa menunjukkan perkembangan berarti,” imbuh dia.

Sebelum masuk Prima Pratama sebelumnya harus melalui serangkaian tes untuk mengukur kemampuan fisik, endurance, kecepatan dan kelincahan. Ada batas minimal tinggi badan yang juga harus dipenuhi. 160 cm untuk putri dan 170 cm untuk putra dengan usia maksimal kelahiran 1 Januari 1995.

DIY terpilih sebagai salah satu daerah yang dipercaya sebagai tempat pembinaan atlet Prima Pratama voli pasir bersama Jatim. Pemilihan ini didasarkan pada prestasi olahraga DIY khususnya di voli pasir yang dinilai sangat unggul.

Hal itu sangat menguntungkan karena DIY bis lebih maksimal dalam membina atlet-atlet voli pasir. Diharapkan kelak akan lahir atlet-atlet voli pasir yang andal untuk melanjutkan perjuangan Koko Prasetyo Darkuncoro.

DIY mendapat jatah tiga putra dan tiga putri untuk Prima Pratama voli pasir. Meskipun DIY dan Jatim yang menjadi tempat pembinaan Prima Pratama voli pasir, tak berarti dikhususkan untuk generasi muda Jatim dan DIY saja.

Keenam atlet ini rutin mengikuti latihan yang digelar empat hari dalam seminggu. Untuk putri latihan digelar pada Selasa, Kamis, Jumat dan Sabtu. Sementara itu untuk putra latihan setiap Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu di Lapangan Voli Pasir Mandala Krida.

 

Atlet Prima Pratama DIY:

Putra

1. Bagas Harya Saputra

2. Muchammad Satrio Wibowo

3. Mauladia Candrawijaya

Putri

1. Nana Oktaviana Aprillia

2. Maria Dwiningtyas

3. Y Purari Eka Setyaningrum

(Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya