SOLOPOS.COM - Yuli Astuti. (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Yuli Astuti. (Dok/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR–Petugas di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) di kawasan Tawangmangu bakal ditambah selama masa libur Natal dan Tahun Baru.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka bakal melakukan jemput bola dengan menghampiri para pengguna kendaraan bermotor untuk mencegah kemacetan arus lalu lintas.

Kabid Pemasaran dan Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karanganyar, Yuli Astuti, mengatakan penambahan petugas dilakukan di kawasan Somokado, Boma dan Gondosuli selama musim liburan. Mereka akan bertugas sesuai shift kerja siang dan malam.

“Biasanya terjadi antrean panjang di depan TPR, makanya sekarang diterapkan sistem jemput bola agar tidak terjadi kemacetan arus lalu lintas,” katanya saat ditemui wartawan, Rabu (26/12/2012).

Jumlah petugas yang disebar di TPR kawasan Tawangmangu berjumlah sekitar 28 orang. Penambahan tersebut dilakukan selama sepekan mulai libur Natal hingga Tahun Baru. Hal ini dilakukan agar para pengunjung tidak terlalu lama menunggu pembelian tiket masuk saat berada di TPR.  “Biasanya jumlah petugas hanya sekitar belasan orang, kini ditambah selama masa libur Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi lintas sektor untuk mengantisipasi membeludaknya jumlah pengunjung. Pasalnya, kawasan Tawangmangu menjadi lokasi untuk merayakan pergantian tahun.

Sementara Kasatlantas Polres Karanganyar, Iptu Suwarsi, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Nazirwan Adji Wibowo, meminta agar wisatawan mewaspadai dua tanjakan di jalur Tawangmangu yakni Tawang dan Blumbang. Baisanya terjadi kemacetan arus lalu lintas di kedua tanjakan tersebut saat masa liburan.

Arus lalu lintas selama masa libur Natal cukup lancar walaupun terjadi peningkatkan jumlah kendaraan bermotor menuju kawasan Tawangmangu. Petugas akan melakukan patroli untuk memantau arus lalu lintas di sepanjang jalan menuju Tawangmangu. “Petugas akan disiagakan terutama saat pergantian tahun,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya