SOLOPOS.COM - Kepala DPKPP Klaten, Widiyanti, menyerahkan masker kepada petani di Kecamatan Klaten Selatan, Kamis (14/1/2021). (Istimewa-DPKPP)

Solopos.com, KLATEN – Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten menggencarkan pemantauan dan sosialisasi ke area sawah di Klaten. Pemantauan itu dilakukan agar para petani tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kepala DPKPP Klaten, Widiyanti, mengatakan kegiatan sosialisasi ke sawah itu digelar menindaklanjuti surat edaran (SE) Bupati Klaten Nomor 360/016/32 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Klaten.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Terkait berlakunya PPKM, OPD diminta melakukan pemantauan sesuai lingkungan kerja masing-masing. Oleh karena itu kami tindaklanjuti dengan pemantauan di wilayah kerja kami,” kata Widiyanti saat ditemui di DPKPP Klaten, Kamis (14/1/2021).

3 Orang Meninggal, 24 Terluka, 2.000 Mengungsi Akibat Gempa Majene M 6,2

Guna pemantauan itu, DPKPP membentuk lima tim. Selain ke sawah, petugas mendatangi lokasi penggilingan padi, peternakan, kelompok wanita tani, perkebunan, perikanan, dan lain-lain. Tim tersebut berbekal masker.

Ketika didapati petani atau orang-orang yang bergelut di bidang pertanian, anggota tim memberikan masker untuk dikenakan dengan baik dan benar.

Meningkatkan Kesadaran Petani

Pemantauan itu dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran para pelaku pertanian terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Meski bekerja di area pertanian, mereka tetap wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti mengenakan masker hingga menjaga jarak.

“Selama ini ketika bekerja di pertanian relatif tidak masalah ketika menerapkan protokol menjaga jarak. Namun, kami tetap berikan imbauan agar petani bisa menerapkan protokol kesehatan,” jelas Widiyanti.

Kantor Gubernur Sulbar di Mamuju Ambruk Akibat Gempa Majene

Widiyanti menuturkan sebagian petani sudah menyadari pentingnya mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya mencegah persebaran Covid-19.

Dia mencontohkan ketika kegiatan pantauan di wilayah Kecamatan Klaten Selatan. Petani tetap mengenakan masker dan menjaga jarak mereka ketika berkegiatan.

Widiyanti menuturkan kegiatan pemantauan dan sosialisasi itu dilakukan setiap hari terutama selama PPKM diberlakukan di Klaten 11-25 Januari 2021.

Dia berharap dengan cara tersebut ada kedisiplinan masyarakat terutama mereka yang bekerja di bidang pertanian, peternakan, hingga perikanan meningkat.

10 Berita Terpopuler : Truk Terguling di Sragen hingga Temuan Ular di Benteng Vastenburg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya