Setiyo Joko Santosa (Solopos.com/Ivan Andimuhtarom)

Solopos.com, SOLO - Petinggi PSSI, Setiyo Joko Santosa, siap membantu 26 klub internal Persis Solo mengambil alih Persis yang kini dikuasai Vijaya Fitriyasa. Hal itu diungkapkan pengusaha asal Solo itu kepada perwakilan klub internal dan awak media pada acara Wedangan Bareng Setiyo J. Santosa di Balai Persis, Kamis (14/11/2019) malam.

Sebagai langkah awal, Setiyo yang ditunjuk sebagai Direktur Keuangan PSSI periode 2019-2023 tersebut akan menjembatani aspirasi 26 klub internal Persis Solo dengan PSSI. Pertemuan wakil klub internal Persis dengan PSSI akan dilakukan di Jakarta pada Senin (18/11/2019) pukul 16.00 WIB.

Mereka akan ditemui oleh Ketum PSSI Rachmad Iriawan dan Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto. Setiyo mengatakan dirinya sebagai orang Solo ingin menjembatani komunikasi orang Solo dengan permasalahan 26 klub internal dengan pihak-pihak yang berkepentingan.

"Konsekuensinya, bilamana memang kami harus menyelesaikan dengan biaya kami sendiri, kami bersama 26 klub sanggup membeli kembali [Persis]," ungkapnya saat ditemui wartawan di Balai Persis.

Ia mengatakan sudah menyiapkan anggaran untuk mencapai maksud tersebut. Namun, ia enggan menyebutkan nominal dana yang sudah ada tersebut. Menurutnya, nilai anggaran itu lebih kecil dari anggaran untuk menyiapkan training camp seluas 12 hektare yang akan dibangun di pinggir Kota Solo. Nilai proyek lapangan adalah Rp100 miliar.

"Kami masih memiliki sisa anggaran yang kami perkirakan masih cukup untuk membeli kembali Persis," terang mantan bos Persis Gotong Royong itu.

Sebagai orang Solo, Setiyo menilai Persis adalah klub yang seksi. Potensi lapangan dan infrastruktur di Solo juga sudah lengkap sehingga sudah selayaknya Persis menjadi tim yang tidak kalah dengan daerah lain.

Ia mengakui belum melakukan komunikasi dengan suporter. Namun, dia yakin suporter yang rindu prestasi tim akan mudah dirangkul begitu industri dan kualitas persepakbolaan Persis maju. "Kami selesaikan proses kelembagaannya terlebih dahulu. Setelah semua selesai, [suporter] pasti kami ajak bicara," kata dia.

Ia kembali menegaskan keseriusannya mengelola Persis. Artinya, pihaknya akan mengambil alih manajemen sehingga perlu langkah simultan dan secepat mungkin. Terkait masalah hukum soal pengalihan saham, Setiyo sudah menyiapkan para pakar hukum untuk mengurusnya. Ia yakin masalah itu bisa diselesaikan.

Sementara itu, perwakilan klub Sparta, Rahmadi, menilai kedatangan Setiyo ke Solo menjadi semacam penyemangat di tengah situasi klub internal Persis yang merasa terombang-ambing.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten