Solopos.com, BANYUWANGI — Warga di kawasan pesisir Muncar, Banyuwangi menggelar tradisi Petik Laut Muncar sebagai ritual sedekah terhadap laut yang selama satu tahun menjadi tempat mereka mengais rezeki. Mereka melarung sesaji ke tengah laut menggunakan perahu.

PromosiJalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti yang dilakukan pada Sabtu (13/8/2022), Iring-iringan kapal menuju tengah laut membawa sesaji di perairan Sembulungan pada acara Ritual Petik Laut Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur.

Tradisi turun temurun yang digelar setiap tanggal 15 Muharram sejak tahun 1901 itu merupakan warisan budaya leluhur sebagai ungkapan rasa syukur atas rezeki yang melimpah juga berharap kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar para nelayan diberikan keselamatan dan kemudahan rejeki.

 

Warga berada di kapal yang dihias saat ritual Petik Laut di Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (13/8/2022). (Antara/Budi Candra Setya)

 

Warga melarung gitik sesaji di perairan Sembulungan pada acara Ritual Petik Laut Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (13/8/2022). (Antara/Budi Candra Setya)

 

Warga mencuci kapalnya dengan air laut pada area larung gitik sesaji di perairan Sembulungan pada acara Ritual Petik Laut Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (13/8/2022). (Antara/Budi Candra Setya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi