SOLOPOS.COM - Ilustrasi sapi

Ilustrasi sapi

MALANG-Peternak sapi perah siap menggelar aksi unjuk rasa ke Menteri Koordinator (Menko) Ekuin Hatta Rajasa guna mendesak pemerintah untuk melakukan kelayakan harga susu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua II Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) Jawa Timur Sulistiyanto mengatakan aksi tersebut bakal dilakukan oleh peternak sapi perah di kantor Menko Ekuin, Rabu (24/4/2013) pagi.

“Para peternak sapi perah dari sejumlah wilayah akan menggelar aksi demo santun dengan melakukan orasi dan dialog di kantor Menko Ekuin,” kata Sulistiyanto, Selasa (23/4/2013).

Selain menuntut kelayakan harga susu sapi, materi lain yang diusung peternak dalam aksi demo tersebut adalah adanya payung hukum usaha peternakan sapi perah rakyat.

Dua hal tersebut saat ini mendesak untuk dilakukan pemerintah sebagai upaya untuk melindungi kelangsungan usaha ternak sapi perah di tengah situasi yang berkembang.

“Kelayakan harga susu misalnya belum sebanding dengan tingginya biaya produksi (pakan),” jelas dia.

GKSI Jawa Timur sendiri ujarnya juga meminta kepada pemerintah untuk memberikan subsidi harga susu kepada peternak di wilayahnya.

Hal ini dilakukan guna menekan keinginan peternak menjual sapi ternak miliknya untuk dijadikan sapi pedaging menyusul tingginya harga jual sapi yang ditawarkan para blantik sapi saat ini.

“Harga susu ideal yang diusulkan oleh GKSI ke Industri Pengolahan Susu (IPS) adalah Rp4.800 per liter,” urainya.

Sementara harga maksimal pembelian susu oleh IPS hanya Rp4.400 per liter. Margin yang Rp400 per liter inilah harapannya bisa disubsidi oleh pemerintah.

Karena kalau peternak tidak mendapatkan subsidi maka mereka akan enggan untuk beternak lagi dan menjual sapinya ke para blantik. GKSI berharap pemerintah melalui Kementerian Pertanian untuk memberikan subsidi harga susu tersebut ke peternak anggota Koperasi Unit Desa (KUD) secepatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya