Petani Tembakau di Temanggung Divaksin Covid-19, Ganjar Doakan Ini

Menurut Gubernur Ganjar, vaksinasi untuk petani tembakau di Temanggung itu penting, karena menjadi salah satu penggerak sektor ekonomi.

 Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Darma Rini, Kabupaten Temanggung, Kamis (15/7/2021). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Darma Rini, Kabupaten Temanggung, Kamis (15/7/2021). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, TEMANGGUNG – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung dalam percepatan vaksinasi Covid-19 dengan memberikan vaksin kepada petani tembakau.

Hal itu disampaikan Ganjar saat meninjau penanganan Covid-19 di Temanggung, Kamis (15/7/2021). Menurut Ganjar, vaksinasi untuk petani tembakau termasuk insan tembakau lain penting di Temanggung karena menjadi salah satu penggerak sektor ekonomi.

“Tembakau di Temanggung kan jadi komoditas utama. Kalau kemudian itu [insan tembakau] jadi prioritas, maka sektor ekonomi tetap tumbuh. Khususnya subsektor yakni petani tembakau ini,” katanya.

Baca juga: Mobilitas Warga Salatiga Turun 23,98? Selama PPKM Darurat

Dengan vaksinasi itu, harapannya perdagangan Tembakau bisa tetap berjalan. Dan saat para petani tembakau melakukan transaksi, mereka sudah terlindungi. “Minimal sudah ada bentengnya. Jadi lebih aman,” jelasnya.

Ganjar meminta seluruh kepala daerah di Jateng melakukan hal yang sama. Selain mendorong vaksinasi prioritas seperti lansia dan sebagainya, sektor lain juga harus diperhatikan.

“Daerah harus bisa melihat lokalitas atau potensi lokal yang ada. Dan kemudian mereka yang bergerak di sana mendapatkan prioritas,” ucapnya.

Baca juga: Soal Tidak Unggah Berita Covid-19 di Banyumas Raya, Ini Respons Ganjar

Tak lupa, Ganjar juga mendoakan seluruh masyarakat khususnya para petani tembakau di Temanggung sehat. Ia juga mendoakan panen tembakau hasilnya bagus dan harganya mahal di pasaran.

“Tak dongake panen apik, regone larang [Saya doakan panennya bagus, harganya mahal]. Sehat semuanya,” ucapnya.

Cek RSUD dan Tempat Isolasi

Selain vaksinasi petani tembakau Temanggung, Ganjar juga mengecek penanganan Covid-19 di sana. Tiga lokasi ia kunjungi yakni vaksinasi di Puskesmas Darma Rini Temanggung, RSUD Temanggung dan tempat karantina terpusat di Gedung BLK Disnaker Temanggung.

Dari pantauannya, Ganjar melihat penanganan Covid-19 di Temanggung sudah baik. Rumah sakit telah menyiapkan skenario-skenario penambahan jika terjadi lonjakan, pasokan oksigen aman dan tempat isolasi terpusat sudah tersedia dengan kapasitas masih cukup.

“Rumah sakitnya bagus, saya lihat penanganannya siap. Ada gedung baru yang disiapkan untuk isolasi, skenario paling buruk sudah disiapkan dan ICU juga masih ada ruang. Saya hanya ingin memastikan soal oksigen harus ada PIC yang menangani itu. Dan tadi jawabannya bagus, suplai oksigen aman karena ada kerjasama dengan pihak ketiga yang suplainya lancar,” jelasnya.

 

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Air Curug Mini Bengkelung Park Diklaim Obat Segala Penyakit

Air sungai yang ada di Bengkelung Park Doro ini konon baik untuk kesehatan karena dapat menyembuhkan penyakit.

Batang Jadi Produsen Minyak Atsiri Unggulan di Jateng

Kabupaten Batang ternyata merupakan produsen minyak atsiri unggulan di Jawa Tengah.

Misteri Jembatan Tanggulangin Kudus, Bikin Ciut Nyali Pejabat

Kisah misteri kali ini dari Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) terkait mitos di Jembatan Tanggulangin yang akan membuat pejabat yang melintas apes.

UMR Jateng 2022 Diprediksi Naik, Jadi Berapa?

UMR Jateng 2022 diprediksi naik sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam sistem penentuan upah.

Pemasangan Grider Jembatan Tol Batang-Semarang Disetop saat Akhir Pekan

Pemasangan jembatan grider yang menjadi penghubung Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang di ruas Tol Batang-Semarang akan dihentikan pada akhir pekan.

1 Rumah Di Godong Grobogan Roboh Diterjang Angin Kencang

Diterjang angin kencang saat hujan deras, rumah milik Ali Mursidi, 37, Desa Karanggeneng, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, roboh.

Keterlaluan! Baru Lahir, Bayi di Semarang Dibuang di Saluran Air

Warga Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang digegerkan dengan penemuan jasad bayi perempuan di saluran air.

Aqua Dwipayana: AKHLAK Bukan Hanya Ucapan Tapi Harus Diimplementasikan

AKHLAK adalah singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif yang masing-masing nilai memiliki penjabarannya sendiri.

Balmon SFR Semarang Musnahkan Ratusan Perangkat Telekomunikasi Ilegal

Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio atau Balmon SFR Kelas I Semarang melakukan pemusnahan 270 unit alat atau perangkat telekomunikasi ilegal.

Nasi Brongkos, Makanan Spesial Raja Jawa

Nasi brongkos merupakan salah satu kuliner spesial raja-raja Jawa zaman dulu yang populer di Demak, Jawa Tengah.

Motif & Pengakuan Pria Bunuh Calon Istri di Hutan Angker Grobogan

Pria yang tega membunuh calon istrinya dan membuang mayat korban di hutan angker Grobogan mengaku sakit hati karena dibandingkan dengan pria lain.

Astaga! Desa Kumuh di Pemalang Terbanyak Se-Jateng

Kabupaten Pemalang kembali disorot dalam perbincangan di media sosial akhir-akhir ini lantaran berada di urutan tetatas daerah yang memiliki kawasan pemukiman kumuh terbanyak di Jawa Tengah.

Ini Kronologi Lengkap Pembunuhan Perempuan Di Hutan Grobogan

Berikut kronologi lengkap pembunuhan perempuan yang dilakukan Agus Supriyanto hingga mayat janda berinisial DS, warga Pemalang dibuang di hutan Grobogan.

Duh, Penangguhan Penahanan Ditolak, Mbah Minto Demak Tetap Dibui

Permintaan penangguhan penahanan terhadap kakek penjaga kolam ikan di Demak yang gagalkan aksi pencuri, Kasminto alias Mbah Minto, ditolak hakim Pengadilan Negeri (PN) Demak.

Ini Cara Pelaku Lakukan Pembunuhan Perempuan Di Hutan Grobogan

Agus Supriyanto, 37, menghabisi perempuan berinisial DS yang dibuang di hutan Grobogan di dalam mobil saat perjalanan ke Pemalang.

Kawasan Geopark Kebumen Digadang-Gadang Jadi Penggerak Ekonomi Lokal

Terdapat juga 41  situs geologi yang menjadi situs utama di dalam kawasan Geopark Karangsambung-karangbolong. Situs tersebut dilengkapi dengan delapan situs biologi dan 10 situs budaya.