SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Petani di sejumlah wilayah Boyolali meminta pihak pengelola tol untuk membangun saluran irigasi.

Solopos.com, BOYOLALI-Para petani di wilayah Kecamatan Ngemplak, Nogosari, dan Sambi menagih janji pembuatan saluran irigasi di sepanjang kanan kiri jalan Tol Solo-Kertosono (Soker). Pasalnya, sudah setahun lebih rencana pembuatan saluran pertanian itu belum direalisasikan oleh pelaksana proyek Tol Soker.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Tri Mandiri Sejahtera, Samidi, mengatakan keberadaan saluran irigasi di kanan kiri Tol Soker sangat vital bagi dunia pertanian. Sebab, saluran irigasi itu sebagai penghubung antarsaluran irigasi yang terputus akibat proyek Tol.

“Setelah setahun kami cermati, saluran irigasi di kanan kiri Tol ternyata belum dikerjakan. Bahkan, sebagian lahan-lahan belum selesai dibebaskan,” ujarnya kepada solopos.com, Minggu (20/8/2017).

Rencana pembangunan saluran irigasi di sepanjang kanan kiri tol adalah tindak lanjut dari proyek perbaikan saluran irigasi yang tak berfungsi lantaran salah kontruksi. Samidi menegaskan, tanpa dibangun saluran irigasi di sepanjang kanan kiri tol, maka air akan sulit mengaliri lahan-lahan pertanian di sebelah kanan kiri tol.

“Kalau sawah berada di tepi kanan kiri tol, air enggak bisa mengaliri lahan pertanian itu. Karena tak ada penghubung antarsaluran irigasi,” ujarnya.

Untuk merealisasikan pembangunan saluran irigasi itu, jelas Samidi, sebagian besar para petani bersedia membebaskan sebagian tanah sawahnya di tepi Tol untuk jalan air. Sesuai rencana, lebar lahan yang bakal dibebaskan sekitar 2 meteran . “Sebagian besar petani tak keberatan. Sebab, saluran irigasi itu juga untuk kepentingan mereka. Nah, pemerintah yang membangunkan,” terangnya.

Terkait inilah, Samidi mempertanyakan komitmen pihak Tol untuk merealisasikannya. Pihaknya berharap, janji tersebut segera direalisasikan mengingat sudah setahun ini, belum ada perkembangan.

Pelaksana humas Tol Soker, Very Budi Santoso, mengatakan pembangunan saluran irigasi di kanan kiri Tol Soker dipastikan tetap direalisasikan meski tak bisa dalam waktu dekat ini. Saat ini, kata dia, pelaksana tol masih merampungkan dulu sejumlah proyek overpass dan underpass di wilayah Ngemplak agar proyek sesuai tahapan.

“Kalau overpass dan underpass belum jadi, sementara saluran irigasi sudah dibangun terlebih dahulu, nantinya bakal dibongkar lagi. Makanya, proyek sesuai tahapan biar enggak mubazir,” jelasnya seraya meminta petani agar tak terlalu waswas terkait realisasi saluran irigasi di kanan kiri tol.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya