Ratusan keping uang kuno yang ditemukan seorang petani di lahan Perhutani Desa Ngadirejo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jumat (8/11/2019). (Istimewa)

Solopos.com, MADIUN – Seorang petani di Desa Ngadirejo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, menemukan benda purbakala berupa uang koin kuno. Ratusan keping koin kuno tersebut ditemukan di lahan Perhutani.

Petani bernama Sumiran menemukan ratusan koin kuno tersebut saat sedang mencangkul tanah di wilayah KPH Ngadirejo, petak 116 Desa Ngadirejo, Rabu (6/11/2019).

“Betul, telah ditemukan ratusan uang koin kuno di lahan Perhutani Desa Ngadirejo oleh seorang petani Rabu sore,” kata Kapolsek Wonoasri, AKP Muslich Bawani, saat dihubungi Madiunpos.com, Jumat (8/11/2019).

Muslich Bawani menyampaikan benda purbakala itu ditemukan saat Sumiran mencangkul lahan. Tiba-tiba, dia mencangkul benda seperti guci. Setelah guci tersebut diangkat ternyata berisi ratusan benda yang diduga uang koin.

Koin yang bagian tengahnya berlubang ini diduga merupakan uang kuno peninggalan zaman dulu. “Jumlahnya sangat banyak. Kemarin ditimbang ada sekitar 4 kilogram,” kata dia.

Temuan benda kuno ini telah dilaporkan ke Pemkab Madiun serta Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, Mojokerto. Mengenai nilai sejarah koin kuno ini masih menunggu penelitian dari tim BP3 Trowulan.

“Untuk selanjutnya akan dilakukan penelitian terhadap koin-koin ini. Saat ini, uang koin kuno ini disimpan oleh petani yang menemukannya,” terang Muslich Bawani.

Muslich menuturkan temuan koin kuno di lahan Perhutani di Desa Ngadirejo ternyata bukan kali pertama terjadi. Beberapa bulan yang lalu juga ditemukan ratusan uang koin kuno serupa. Tetapi oleh petani yang menemukan, koin tersebut dijual ke penjual rongsokan dengan harga Rp80.000.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten