Petani Madiun Keluhkan Harga Kacang Hijau Rendah
Buruh tani memanen kacang hijau di areal pertanian Buduran, Wonoasri, Kabupaten Madiun, Selasa (25/9/2018) pagi. (Madiunpos.com-AbdulJalil)

Madiunpos.com, MADIUN -- Petani di Kabupaten Madiun mengeluh harga kacang hijau mengalami penurunan pada musim panen ini dibandingkan sebelumnya. Harga kacang hijau per kilogram saat ini hanya Rp10.500.

Pantauan Madiunpos.com di areal persawahan di Desa Buduran, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Selasa (25/9/2018) pagi, sejumlah buruh tani memanen kacang hijau dan memasukkannya ke dalam karung.

Ketua kelompok tani Desa Buduran, Suyono, 54, mengatakan harga jual kacang hijau saat ini Rp10.500/kg padahal sebelumnya harga kacang hijau bisa mencapai Rp13.000/kg.

Harga jual kacang hijau ini turun sejak panen raya beberapa pekan lalu. Musim panen kacang hijau tahap pertama dimulai dua pekan lalu, kemudian panen tahap kedua baru pekan ini.

"Ini panen tahap kedua. Panen tahap pertama sudah dua pekan lalu," kata dia saat berbincang dengan Madiunpos.com.

Suyono menyampaikan hasil tanam pada musim ini cukup baik. Lahan miliknya seluas 1 hektare menghasilkan 7 sampai 8 ton kacang hijau pada tahap pertama. Namun, biasanya hasil panen pada tahap kedua menurun dibandingkan tahap pertama.

"Saya ada dua hektare lahan yang ditanami kacang hijau. Per hektarenya menghasilkan panen 7 sampai 8 ton," jelas dia.

Suyono mengakui hasil panen kacang hijau tahun ini cukup bagus. Namun, keuntungan yang didapatkan petani sangat tipis mengingat harga jual rendah dan ongkos selama tanam tinggi.

Lebih lanjut, petani asal Madiun itu berharap supaya pemerintah bisa menstabilkan harga jual kacang hijau. Sehingga saat masa panen, petani bisa merasakan jerih payah mereka karena harga jualnya stabil.

"Pupuknya ga disubsidi tidak apa-apa, asalkan pemerintah menjamin harga jual dari petani," kata dia.

Seorang buruh tani, Suparni, mengaku mulai bekerja memanen kacang hijau pukul 06.00 WIB hingga 11.00 WIB. Dalam satu kali memanen kacang hijau, dia mendapat upah senilai Rp30.000.

Dia menyampaikan hasil panen kacang hijau tahap kedua ini memang kurang bagus dibandingkan hasil panen tahap pertama dua pekan lalu.

"Iya ini kacang hijaunya kurang bagus. Karena ini kan panenan tahap kedua, jadi wajar kurang baik," ujar dia.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya








Kolom