SOLOPOS.COM - Aktivititas di lereng Merapi/dok

Aktivititas di lereng Merapi/dok

SLEMAN-Warga di sekitar lereng Merapi kini boleh bernapas lega karena kini telah dibangun Pusat Pelayanan Pertanian dan Peternakan Terpadu senilai Rp17 miliar di Padukuhan Plosokerep, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Peletakan batu pertama untuk program yang dibiayai oleh Danone Ecosysteme Fund ini dilakukan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Bupati Sleman Sri Purnomo dan Presiden Direktur Sari Husada Boris Bourdin, Selasa (11/12/2012).

“Pusat Pelayanan Pertanian dan Peternakan Terpadu ini merupakan bagian dari program revitalisasi masyarakat korban bencana Merapi” kata Boris Bourdin.

Bouris memaparkan, Pusat Pelayanan Pertanian dan Peternakan Terpadu seluas 1,7 hektar ini terdiri dari fasilitas perkandangan modern yang akan menampung 240 ekor sapi perah dilengkapi dengan perlengkapan pemerahan, laboratorium mini, cooling unit, biogas digester dan pembuatan kompos. Selain itu, lanjut Bouris, fasilitas belajar bagi petani dan peternak, serta lahan percontohan permanen untuk budidaya pertanian, perikanan dan peternakan ternak kecil juga akan dibangun di lokasi yang sama.

Di luar Pusat Pelayanan Pertanian dan Peternakan Terpadu ini, Sari Husada bersama pihak terkait juga akan membantu petani di lima desa di Kabupaten Sleman yaitu Desa Umbulharjo, Desa Kepulharjo, Desa Glagaharjo, Desa Hargobingangun, dan Desa Purwobinangun. “Pembangunannya mengembangkan usaha di bidang pertanian, peternakan non sapi perah dan usaha produktif lainnya berbasis sumberdaya lokal” ujar Bouris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya