SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BONDOWOSO: Sedikitnya lima kelompok petani kopi rakyat jenis arabika di Bondowoso melakukan ekspor perdana kopi rakyat sebanyak 6.25 ton Ke Swiss.

Matsakur, Kadis Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bondowoso mengatakan, produksi kopi tersebut berasal dari pengembangan klaster petani kopi yang melibatkan sinergi dengan sejumlah instansi yang digerakkan oleh Bank Indonesia dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslit Koka).

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Hasil panen kopi itu diekspor ke negara tersebut melalui PT Indokom Citra Persada yang melibatkan pembiayaan dari Bank Jatim.

“Ekspor tahap pertama 6,25 ton, belum bisa satu kontainer yang biasanya mencapai 20 ton karena masih banyak kendala produksi,” ujar Matsakur di sela-sela ekspor perdana kopi rakyat Bondowoso hari ini.

Rata-rata produksi kopi petani Bondowoso baru sekitar 4 hingga 5 kuintal. Seharusnya bisa mencapai 7 kuintal per hektare.

Akan tetapi pihak eksportir sudah berkomitmen untuk menandatangani kontrak dengan petani selama 5 tahun ke depan. “Dengan begitu ada peluang bagi kami untuk melakukan pembenahan dan meningkatkan produktivitas. Bahkan memacu pengembangan klasternya itu sendiri.”

Klaster kopi rakyat yang ada di Desa Sukorejo ini, lanjut dia, akan menjadi model untuk pengembangan klaster di tempat lain.

Saat ini klaster kopi rakyat tersebut mengembangkan areal perkebunan seluas 7.526  ha. “Petani memperoleh pembiayaan dari Bank Jatim senilai 500 juta, sedangkan  harga kopi sudah disepakati lewat MoU senilai Rp38.000 per kg.”

Nilai jual ditingkat petani tersebut sudah naik hampir dua kali lipat karena sebelum ada pengolahan harga jual kopi umumnya hanya sekitar Rp17.000 per kg.(Bisnis Indonesia/JIBI/Dwi Wahyuni)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya