Tutup Iklan

Pesona Wisata Rumah Pohon Hits di Brebes

Lokasi wisata rumah pohon yang berada di Kecamatan Bandar ini memberikan suguhan panorama alam dari atas pohon dan juga memberikan sensasi kesejukan.

 Wisata Rumah Pohon Desa Tombo, Kabupaten Brebes (Instagram/@mrezaku)

SOLOPOS.COM - Wisata Rumah Pohon Desa Tombo, Kabupaten Brebes (Instagram/@mrezaku)

Solopos.com, BREBES — Wisata rumah pohon yang berada di Desa Tombo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah selalu ramai dibanjiri pengunjung . Objek wisata yang terbilang baru ini mempunyai daya tarik tersendiri sehingga para wisatawan rela jauh-jauh datang ke destinasi wisata ini.

Dilansir dari Batangkab.go.id,  Rabu (20/10/2021), lokasi wisata rumah pohon yang berada di Kecamatan Bandar ini memberikan suguhan panorama alam dari atas pohon dan juga memberikan sensasi kesejukan.

Rumah pohon ini luas berupa gubuk dan gazebo yang terbuat dari kayu. Pengunjung yang membawa anak-anak tidak perlu khawatir karena bisa leluasa bermain di area yang luas, namun harus tetap didampingi.  Pengunjung yang masuk ke area rumah pohon ini diberi waktu maksimal 10 menit. Hal ini dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan bersama di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Indahnya Wisata Alam Guci di Bumi Bahari Tegal

Dari rumah pohon tersebut, pengunjung bisa menikmati keindahan alam berupa area perbukitan, pemandangan gunung yang menjulang, jurang yang curam, pepohonan lebat yang mengelilingi Desa Tombo.

Pemandangan alam yang hijau dan ditambah birunya langit serta suara aliran sungai yang terdengar deras dari bawah dasar jurang akan membuat suasana semakin sejuk, sehingga pengunjung  akan betah berlama-lama di kawasan wisata rumah pohon ini.

Menurut informasi yang didapat,  rumah pohon ini dibuat dan diresmikan menjadi tempat wisata pada 2015. Tempat ini juga  dikelola oleh warga setempat. Warga di desa Tombo ini terbilang sangat ramah, jadi jika membutuhkan bantuan anda bisa meminta tolong kepada warga setempat.

Baca Juga: Kraca, Kuliner Khas Banyumas dari Keong

Saat berada di rumah pohon ini Anda akan ditemani dengan suara gemercik air yang mengalir dan pemandangan lain yang bisa dinikmati adalah perumahan penduduk hingga aliran sungai. Di lokasi rumah pohon ini juga sudah disediakan Toilet dan beberapa tempat sampah yang akan membuat pengunjung  semakin nyaman. Tapi, untuk tempat ibadah dan padepokan bisa diakses di sekitar pemukiman warga.

Untuk menuju ke objek wisata ini, pengunjung harus menempuh jarak 20 km dari pusat Kabupaten Batang atau sekitar hampir satu jam. Patokan mudahnnya dari pasar Bandar lalu belok kanan. Dari situ lurus saja kemudian belok kiri saat menemukan pertigaan sebelum kolam renang Binarangut. Dari pasar Bandar, jarak yang ditempuh sekitar 15 menit agar bisa sampai ke lokasi.

Baca juga: Destinasi Wisata Tak Seindah Fotonya, Aplikasi China Diprotes

Medan menuju kesana cukup nyaman, karena jalanan sudah diaspal dan jarang terdapat kerusakan. Selama perjalanan kita akan melewati medan yang naik dan turun serta berkelok kelok, maklum saja karena lokasinya berada di daerah dataran tinggi. Untuk menuju ke lokasi,  pengunjung  bisa menggunakan sepeda motor atau mobil.

Harga tiket masuk wisata rumah pohon ini sebesar Rp5000. Namun pengunjung masih harus membayar uang parkir sebesar Rp2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5000 untuk kendaraang roda empat. Jam operasional dari tempat wisata ini adalah dari jam 08.00 hingga 17.00 WIB.


Berita Terkait

Berita Terkini

Korban Meninggal Kecelakaan Karambol Salatiga Polisi Berpangkat Bripka

Satu korban yang meninggal akibat kecelakaan karambol di Jalan Lingkar Selatan atau JLS Salatiga adalah polisi berpangkat Bripka.

Ditinggal Suami Merantau, Istri Main Serong dengan Oknum Polisi Pati

Seorang TKI asal Pati melaporkan oknum polisi dari Polsek Cluwak, Pati dengan tuduhan berselingkuh dengan istrinya sejak saat ia merantau ke Jepang.

Mbah Minto yang Tebas Pencuri Ikan Dituntut 2 Tahun Penjara

Pengacara Mbah Minto menilai tuntutan JPU tak mempertimbangkan hukum sebab akibat. Apalagi usia Mbah Minto sudah sepuh.

Tuntut UMK Naik 16%, Buruh Jateng Ancam Geruduk Istana Presiden

Massa dari Aliansi Buruh Jawa Tengah (Jateng) menggelar aksi unjuk rasa atau demo menuntut UMK Jateng 2022 naik 16%.

Pemkab Grobogan Ajukan Raperda Yang Berlaku 30 Tahun, Tentang Apa?

Pemerintah Kabupaten Grobogan mengajukan rancangan peraturan daerah (Raperda) yang masa berlakunya 30 tahun ke DPRD Grobogan.

Hutan Pinus Sigrowong, Wisata Temanggung yang Bikin Hati Tenang

Hutan pinus Sigrowong di Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang membuat hati dan pikiran tenang.

Diburu! Sopir Truk Tronton yang Picu Kecelakaan Karambol di Salatiga

Aparat Polres Salatiga saat ini tengah memburu sopir truk tronton yang menyebabkan kecelakaan karambol di Jalan Lingkar Selatan atau JLS Salatiga.

Gas Pol, Baznas dan Korpri Banjarnegara Gelar Vaksinasi Sasar 700 Warga

Baznas sekaligus mendistribusikan bantuan sembako untuk masyarakat kurang mampu yang hadir. Bentuknya bahan makanan pokok seperti beras, minyak, dan gula.

Tanggul Sungai Jebol, Desa di Kudus Tergenang Banjir

Sejumlah desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), tergenang banjir akibat meluapnya Sungai Dawe akibat hujan lebat pada Selasa (30/11/2021) dini hari.

Penipuan Modus Gendam di Semarang Diungkap, Korban Rugi Rp3 Miliar

Aparat Ditreskrimum Polda Jateng menangkap tersangka sindikat penipuan dengan modus gendam yang menggasak uang korbannya di Semarang mencapai Rp3 miliar.

Legenda Syekh Subakir & Asale Gunung Tidar Pakunya Tanah Jawa

Asale Gunung Tidar yang disebut sebagai paku bumi di Tanah Jawa diyakini berkaitan dengan sosok ulama bernama Syakh Subakir.

Misteri Gunung Tidar: Pakunya Tanah Jawa

Gunung Tidar yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, diyakini sebagai paku bumi Tanah Jawa.

Jateng Belum Berniat Tutup Tempat Wisata saat Libur Nataru

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng belum berencana menutup destinasi wisata di wilayahnya saat libur akhir tahun atau Nataru nanti.

Dua Pekan Operasi Zebra Candi 2021, 605 Kecelakaan Terjadi di Jateng

Ditlantas Polda Jateng mencatat selama dua pekan pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022 terdapat 605 kejadian kecelakaan di Jateng, dengan jumlah korban meninggal mencapai 31 orang.

Kronologi Kecelakaan Karambol Salatiga yang Sebabkan 1 Polisi Meninggal

Kecelakaan maut berupa tabrakan karambol terjadi di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), Senin (29/11/2021) malam.