Tutup Iklan

Pesona Wisata Rumah Pohon Hits di Brebes

Lokasi wisata rumah pohon yang berada di Kecamatan Bandar ini memberikan suguhan panorama alam dari atas pohon dan juga memberikan sensasi kesejukan.

 Wisata Rumah Pohon Desa Tombo, Kabupaten Brebes (Instagram/@mrezaku)

SOLOPOS.COM - Wisata Rumah Pohon Desa Tombo, Kabupaten Brebes (Instagram/@mrezaku)

Solopos.com, BREBES — Wisata rumah pohon yang berada di Desa Tombo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah selalu ramai dibanjiri pengunjung . Objek wisata yang terbilang baru ini mempunyai daya tarik tersendiri sehingga para wisatawan rela jauh-jauh datang ke destinasi wisata ini.

Dilansir dari Batangkab.go.id,  Rabu (20/10/2021), lokasi wisata rumah pohon yang berada di Kecamatan Bandar ini memberikan suguhan panorama alam dari atas pohon dan juga memberikan sensasi kesejukan.

Rumah pohon ini luas berupa gubuk dan gazebo yang terbuat dari kayu. Pengunjung yang membawa anak-anak tidak perlu khawatir karena bisa leluasa bermain di area yang luas, namun harus tetap didampingi.  Pengunjung yang masuk ke area rumah pohon ini diberi waktu maksimal 10 menit. Hal ini dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan bersama di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Indahnya Wisata Alam Guci di Bumi Bahari Tegal

Dari rumah pohon tersebut, pengunjung bisa menikmati keindahan alam berupa area perbukitan, pemandangan gunung yang menjulang, jurang yang curam, pepohonan lebat yang mengelilingi Desa Tombo.

Pemandangan alam yang hijau dan ditambah birunya langit serta suara aliran sungai yang terdengar deras dari bawah dasar jurang akan membuat suasana semakin sejuk, sehingga pengunjung  akan betah berlama-lama di kawasan wisata rumah pohon ini.

Menurut informasi yang didapat,  rumah pohon ini dibuat dan diresmikan menjadi tempat wisata pada 2015. Tempat ini juga  dikelola oleh warga setempat. Warga di desa Tombo ini terbilang sangat ramah, jadi jika membutuhkan bantuan anda bisa meminta tolong kepada warga setempat.

Baca Juga: Kraca, Kuliner Khas Banyumas dari Keong

Saat berada di rumah pohon ini Anda akan ditemani dengan suara gemercik air yang mengalir dan pemandangan lain yang bisa dinikmati adalah perumahan penduduk hingga aliran sungai. Di lokasi rumah pohon ini juga sudah disediakan Toilet dan beberapa tempat sampah yang akan membuat pengunjung  semakin nyaman. Tapi, untuk tempat ibadah dan padepokan bisa diakses di sekitar pemukiman warga.

Untuk menuju ke objek wisata ini, pengunjung harus menempuh jarak 20 km dari pusat Kabupaten Batang atau sekitar hampir satu jam. Patokan mudahnnya dari pasar Bandar lalu belok kanan. Dari situ lurus saja kemudian belok kiri saat menemukan pertigaan sebelum kolam renang Binarangut. Dari pasar Bandar, jarak yang ditempuh sekitar 15 menit agar bisa sampai ke lokasi.

Baca juga: Destinasi Wisata Tak Seindah Fotonya, Aplikasi China Diprotes

Medan menuju kesana cukup nyaman, karena jalanan sudah diaspal dan jarang terdapat kerusakan. Selama perjalanan kita akan melewati medan yang naik dan turun serta berkelok kelok, maklum saja karena lokasinya berada di daerah dataran tinggi. Untuk menuju ke lokasi,  pengunjung  bisa menggunakan sepeda motor atau mobil.

Harga tiket masuk wisata rumah pohon ini sebesar Rp5000. Namun pengunjung masih harus membayar uang parkir sebesar Rp2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5000 untuk kendaraang roda empat. Jam operasional dari tempat wisata ini adalah dari jam 08.00 hingga 17.00 WIB.


Berita Terkait

Espos Plus

Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

+ PLUS Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

Kebanyakan warga salah kaprah dengan menganggap patung penunggang kuda di simpang empat Karanggede Boyolali adalah Pangeran Diponegoro, padahal sosok penunggang kuda itu adalah Raden Tumenggung Prawirodigdoyo.

Berita Terkini

Innalillahi! Bus Rombongan Warga Toroh Grobogan Nyemplung ke Sungai

Bus rombongan warga Desa Genengadal, Kecamatan Toroh terguling dan masuk sungai di Desa Jeketro, Kecamatan Gubug, Grobogan.

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Bus Sudiro di Tol Semarang-Solo

Bus PO Sudiro Tungga Jaya jurusan Jakarta-Yogyakarta mengalami kebakaran di tol Semarang-Solo, Bergas, Kabupaten Semarang.

Angkut 30 Penumpang, Bus Sudiro Tunggal Kebakaran di Tol Semarang-Solo

Gangguan mesin menyebabkan bus PO Sudiro Tunggal mengalami kebakaran saat melintasi tol Semarang-Solo, tepatnya di Kabupaten Semarang.

PLN Bagikan Gerobak Molis kepada UKM Jateng, Dorong Produktivitas Usaha

PLN memberikan bantuan gerobak motor listrik (molis) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada pelaku UKM di Jateng untuk meningkatkan produktivitas usaha.

Polres Kudus Gerebek Tempat Produksi Minuman Keras Jenis Arak

Jajaran Polres Kudus menggerebek tempat produksi minuman keras atau miras di sebuah gudang, di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus.

Sidak Wali Kota Semarang Viral, Warganet Ramai Ikutan Usul Ini

Unggahan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat melakukan sidak di Kantor Kelurahan Bulusan, di akun instagram pribadinya mendadak viral.

Sejarah Vihara Buddhagaya Semarang

Vihara Buddhagaya di Semarang, Jawa Tengah, memiliki sejarah panjang karena didirikan sejak 500 tahun lalu, tepatnya saat keruntuhan Majapahit.

Indahnya Sunrise di Taman Posong Lereng Sindoro Temanggung

Wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, memiliki pesona wisata alam yang indah dan masih baru seperti Taman Posong.

Wisata Makam Apung di Pantai Sayung, Tak Tersentuh Air Laut

Demak memiliki objek wisata religi berupa makam apung milik Mbah Mudzakir yang konon tidak pernah terendam air laut meski terjadi gelombang tinggi.

Tragedi Berdarah! 5 Warga Slawi Tewas Diracun Dukun Pengganda Uang

Kisah tragis kali ini tentang tragedi berdarah yang merenggut lima nyawa warga Slawi akibat ulah dukun pengganda uang.

Banyak Tambang Ilegal di Merapi Rusak Lingkungan, Ganjar Pranowo Pusing

Gubernur Ganjar Pranowo meminta pemerintah pusat tidak sembarangan menerbitkan izin usaha penambangan karena banyak yang merusak lingkungan dan membuatnya pusing.

Kontroversi Gelar Kartini, Mestinya R. Ay Bukan RA, Begini Ceritanya

Gelar RA yang disematkan kepada Kartini sebagai tokoh emansipasi wanita di Indonesia kurang tepat, karena dalam budaya Jawa gelar Kartini mestinya R.Ay.

Wisata Seru ke Wonosobo: Romantis, Eksotis & Magis

Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, memiliki sederet objek wisata alam yang romantis, eksotis, dan magis.

Daun Talas asal Jateng Diminati Pasar Luar Negeri, Ini Manfaatnya

Komoditas pertanian dan perkebunan asal Jawa Tengah atau Jateng, daun talas beneng, mulai diminati pasar luar negeri salah satunya Australia.

Angin Kencang Terjang Parakan Temanggung, Belasan Rumah Rusak

Bencana angin kencang atau puting beliung menerjang belasan rumah warga di Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng).