Manajer Store Tokosolopos, Nina Andriyani, memamerkan koleksi Sembadra by Pisalin di Solo Batik Fashion 2019. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Jenama Pisalin by Tokosolopos memboyong tema pewayangan di panggung Solo Batik Fashion 2019, Minggu (20/10/2019). Gagasan itu dituangkan lewat delapan rancangan untuk kaum Hawa bertema Puspa Sembadra.

Tokoh pewayangan Sembadra merupakan sosok putri dari Kerajaan Mandura yang berkarakter. Istri Arjuna ini merepresentasikan perempuan kiwari yang luwes. Ia bisa tampil anggun, tenang, tegar, namun tegas saat diperlukan.

Serangkaian koleksi kali ini ditampilkan menggunakan batik bermotif bunga dengan teknik garap tulis. Rona utama yang dipilih lebih berani seperti merah, cokelat tua, dan hitam. Untuk mengimbangi pemilihan warna tersebut, diberi palet pastel seperti hijau mint, salem, dan putih. Agar tampilan lebih dinamis, material utama batik tulis yang jadi bintang diimbangi bahan tulle, renda, rajut, dan tenun lurik.

Koleksi Sembadra dari Pisalin by Tokosolopos. (Istimewa)
Koleksi Sembadra dari Pisalin by Tokosolopos. (Istimewa)

Representasi keluwesan hadir lewat terusan halter tanpa lengan dari kombinasi lurik klasik untuk atasan dan bawahan berupa batik flora berwarna dasar krem. Tampilan ini digenapi kejutan ekor tulle berwarna hijau mint.

Ada juga terusan batik bermodel kemben selutut berwarna dasar merah menyala. Busana ini tampil anggun dengan luaran brokat berkonsep transparan dengan detail manik-manik di bagian dada dan kerah tinggi.

Koleksi Sembadra dari Pisalin by Tokosolopos. (Istimewa)
Koleksi Sembadra dari Pisalin by Tokosolopos. (Istimewa)

Selain itu, ada rancangan yang didedikasikan untuk mewakili penyuka tampilan formal. Terdapat kombinasi blazer dan terusan kain lilit selutut. Ada juga terusan dengan aksen lipat pada bagian dada.

Guna mempercantik tampilan, busana dengan konsep simpel dan elegan tersebut diberi sentuhan detail embellishment berupa beads atau bebatuan alam, manik-manik payet, sampai mutiara sintetis yang belakangan tengah naik daun.

Koleksi Sembadra dari Pisalin by Tokosolopos. (Istimewa)
Koleksi Sembadra dari Pisalin by Tokosolopos. (Istimewa)

Supaya keseluruhan tampilan tak terkesan berlebihan, tata rias dan rambut juga dibuat bergaya bersahaja. Keseluruhan model rambutnya ditata cepol sederhana dengan aksen tusuk konde yang dibalut batik. Ada juga headpiece berbentuk bunga yang dikreasikan dari bahan batik.

“Rancangan ini didedikasikan bagi perempuan aktif, stylish, namun setia merawat warisan akar budayanya,” jelas Nina Andriyani, Store Manager Tokosolopos.

Pisalin by Toko Solopos selama dua tahun terakhir turut mewarnai jagad mode berbasis wastra Nusantara. Sebagai salah satu pelestari warisan budaya Indonesia, lini usaha PT Aksara Solopos ini berupaya terus berinovasi mengikuti tren termutakhir panggung fesyen global.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten