Pesisir Pantura Jateng Dikepung Rob, Ini Lokasinya

Inilah kawasan pesisir Jawa Tengah yang dikepung banjir rob pada Selasa (24/5/2022).

 Sejumlah warga berjalan menghindari gelombang air laut di Pesisir pantai Utara, Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)

SOLOPOS.COM - Sejumlah warga berjalan menghindari gelombang air laut di Pesisir pantai Utara, Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)

Solopos.com, SEMARANG —Banjir rob mengepung kawasan pesisir pantura Jawa Tengah. Air laut dilaporkan menggenangi pesisir Kota Semarang, Demak, Pekalongan, Pati, Rembang hingga Brebes.

Akibatnya, jalur pantura macet, khususnya di kawasan Semarang-Demak. Puluhan ribu rumah di pesisir itu pun terendam banjir pasang air laut.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Banjir rob di Semarang merendam permukiman warga di sekitar Pelabuhan Tanjung Emas. Ribuan warga terjebak banjit setinggi hampir dua meter.

Akibat banjir ini, aktivitas industri di pesisir Semarang lumpuh. Begitu pula dengan aktivitas penumpang di pelabuhan.

Banjir rob juga terjadi di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Tanggul laut di salah satu desa di pesisir Pati juga jebol akibat dihantam ombak. Bencana yang sama juga terjadi di Tegal, Rembang, Brebes, Pekalongan, dan Demak.

Baca juga: BMKG Ungkap Penyebab Banjir Rob di Semarang dan Wilayah Pesisir Lain

Pada dasarnya, rob merupakan bencana tahunan yang terjadi di pesisir pantura Jawa Tengah. Khusus rob kali ini, warga di pesisir Semarang mengklaim menjadi yang paling parah dibandingkan tahun sebelumnya.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah Hadi Santoso meminta penanganan banjir rob di wilayah Pantura Jateng menjadi prioritas pemerintah.

“Sudah tidak bisa ditunda lagi, sabuk pantai Semarang-Demak sudah mendesak, jangan terlalu lama berdiskusi tentang administrasi status tanah atau lainnya,” katanya di Semarang, sebagaimana dikabarkan Antara, Selasa (24/5/2022).

Baca juga: Sejarah Awal Mula Banjir Rob Terjang Pesisir Pantura Jawa Tengah

Alarm Bahaya

Menurut dia, banjir rob air pasang laut yang melimpas ke daratan Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menjadi alarm bahaya bagi Jateng, terutama wilayah pantura.

“Ini sudah membahayakan masyarakat lokal dan ekonomi nasional karena mengganggu sarana prasarana vital,” ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.

Baca juga: Rekor! Genangan Air Rob Semarang Setinggi Leher

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikaa (BMKG) memprediksi banjir rob di sebagian pesisir Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur berlangsung hingga Rabu (25/5/2022).

Dia menyebut saat ini banjir rob di Jawa Tengah terjadi di sejumlah lokasi, mulai dari pesisir Pantai Tegal, Wonokerto-Pekalongan, Pantai Sari-Pekalongan, Pantai Batang, serta Pantai Tawang Kendal.

Kondisi serupa juga terjadi di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jalan Raya Genuk Semarang-Demak, Pantai Karang Tengah Demak, dan Pantai Rembang.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Kecamatan Terpadat di Jateng Ternyata Ada di Kota Ini

Berikut fakta kecamatan terpadat di Jawa Tengah atau Jateng yang ternyata ada di bagian selatan Pulau Jawa.

Holywings di Semarang yang Tutup Ternyata Pernah 3 Kali Disegel

Holywings di Semarang yang saat ini ditutup imbas promo miras di Jakarta ternyata pernah disegel tiga kali oleh Satpol PP.

Satpol PP Kota Semarang Gelar Razia, 18 PSK Terjaring

Belasan PSK terjaring razia yang digelar Satpol PP di empat lokasi di Kota Semarang, Selasa (28/6/2022) malam.

Operasi Patuh Candi, Angka Kecelakaan di Klaten Tertinggi se-Jateng

Data Ditlantas Polda Jateng menyebutkan angka kasus kecelakaan lalu lintas di Klaten tertinggi se-Jateng selama pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2022.

Kilas Balik Teror Bom Ledakkan Patung Buddha dan Stupa Candi Borobudur

Sembilan dari 72 stupa yang di dalamnya terdapat patung Buddha di Candi Borobudur Magelang pernah menjadi sasaran teror bom yang diledakkan pada Senin, 21 Januari 1985.

Tumpahan Minyak Cemari Sungai di Cilacap, Ini Kata Pertamina

Tumpahan minyak mentah milik Pertamina Cilacap tumpah dan mencemari Sungai Donan di Kabupaten Cilacap.

Beli Minyak Goreng Pakai Pedulilindungi, Ini Kata Bakul Pasar Semarang

Pedagang atau bakul pasar di Kota Semarang menilai penerapan penggunaan aplikasi Pedulilindungi untuk beli minyak goreng dinilai menyusahkan.

Anak Main Korek Api, Rumah Warga Godong Nyaris Terbakar

Rumah milik warga Godong, Kabupaten Grobogan nyaris terbakar gegara anak laki-lakinya bermain korek api di kamar, Selasa (28/6/2022).

12 Gerai Holywings di Jakarta Ditutup, Begini Nasib yang di Semarang

Gerai Holywings di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), dikabarkan juga ikut ditutup imbas promo miras yang dilakukan Holywings Jakarta.

Operasi Patuh di Jateng Berakhir, Ini Daerah Pelanggaran Tertinggi

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho, menyebut Kendal menjadi daerah dengan angka pelanggaran lalu lintas tertinggi selama Operasi Patuh Candi 2022.

Kreatif! Warga Semarang Lukis Bung Karno dengan Padi di Sawah

Petani Desa Bergas Lor, Kabupaten Semarang, membuat lukisan Bung Karno dengan media padi di area persawahan untuk menyambut Bulan Bung Karno.

Terima 5.000 Dosis Vaksin PMK, Disnakkan Grobogan: Masih Kurang

Terima 5.000 dosis vaksin PMK dinilai masih kurang banyak mengingat jumlah hewan ternak sapi dan kerbau di Grobogan mencapai 207.000 ekor.

Simak! Ini Beda Congyang Semarang dengan Ciu Bekonang Sukoharjo

Ciu Bekonang Sukoharjo dengan congyang asal Semarang dua minuman keras atau miras produk dalam negeri atau lokal yang memiliki sederet perbedaan.

Pesugihan Nyi Blorong di Karang Bolong Kebumen

Pantai Karang Bolong di Kebumen, Jawa Tengah, menyimpan kisah misteri tentang ritual pesugihan Nyi Blorong.

Waduh! Bayi Stunting di Salatiga Bertambah, Ini Sebabnya

Angka stunting pada bayi di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), mengalami peningkatan selama tahun 2021.

Upgris Gelar Festival Rebana Jateng, Ini Daftar Pemenangnya

Univesitas PGRI Semarang atau Upgris menggelar Festival Rebana Jateng dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-41.