SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Harianjogja.com, SLEMAN—Ujian Akhir Nasional (UAN) bagi siswa SMA/SMK sederajat bakal diselenggarakan mulai Senin (14/4/2014) hari ini hingga Rabu (16/4/2014). Selama tiga hari, setiap mata pelajaran disajikan dalam 20 variasi soal. Artinya, setiap peserta dalam satu ruangan akan mengerjakan soal yang berbeda.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman, Arif Haryono, mengimbau agar seluruh peserta UAN percaya diri (pede). “Tidak usah tepengaruh oleh jawaban palsu yang tidak jelas dari mana asalnya,” katanya saat ditemui akhir pekan kemarin. “Belajar saja yang sungguh-sungguh,” tambahnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Orangtua siswa pun diharapkan memberi dukungan dan perhatian bagi anaknya selama masa UAN. “Orangtua siswa juga kami mohon memberikan dukungan kepada putra-putrinya supaya sukses dalam mengikuti ujian akhir nasional,” ucap Arif Haryono.

Naskah UAN juga telah didistribusikan ke sembilan kelompok kerja (pokja) di Sleman sejak Sabtu (12/4/2014) pagi. Distribusi tersebut mendapat pengawalan dan penjagaan dari pihak pengawas UAN maupun aparat dari Polres Sleman.

Paket soal yang sampai ke pokja merupakan seluruh soal UAN yang akan digunakan dalam ujian. Selain semua soal mata pelajaran, didistribusikan pula soal ujian kompetensi untuk SMK dan soal yang ditulis dalam huruf braille bagi peserta penyandang tuna netra.

“Kami di pokja empat membawahi 11 sekolah,” kata Eka Setiadi, Kepala SMK Negeri 1 Depok sekaligus Ketua Pokja saat ditemui Harian Jogja. Sekolah yang masuk dalam satu pokja berasal dari sekitar kecamatan Depok, Pakem, dan Cangkringan.

“Ada dua sekolah yang ujiannya bergabung di sini, yakni SMK Tarakanita dan SMK Budi Mulia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya