Peserta Sudah Berdatangan, Kongres Futsal Klaten Batal Karena Corona
Pengumuman bertuliskan kongres futsal dibatalkan terpampang di kantor KONI Klaten, Kamis (26/3/2020). (Solopos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN – Panitia kongres Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Klaten membatalkan kongres organisasi tersebut di kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Klaten, Kamis (26/3/2020) pagi.

Jajaran Polsek Klaten Utara yang mengaku tak memperoleh pemberitahuan pelaksanaan kongres itu sempat mendatangi lokasi guna memastikan kongres tidak dilaksanakan terlebih dahulu di tengah merebaknya persebaran virus corona.

Cegah Virus Corona, Pawartos Kartasura Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com sedianya kongres II AFK digelar di ruang rapat KONI Klaten, Kamis (26/3/2020) pukul 09.00 WIB. Di acara tersebut bakal diikuti sekitar 25 orang. Hal itu termasuk 15 anggota klub futsal di Klaten yang tercatat sebagai peserta kongres. Surat undangan sudah disebar panitia ke peserta kongres beberapa waktu sebelumnya.

Ketua KONI Klaten, Parwanto, juga memperoleh surat undangan itu, Senin (23/3/2020). Setelah memperoleh surat undangan, Parwanto mengimbau ke panitia kongres agar membatalkan kegiatan tersebut.

Panitia kongres tetap menyiapkan diri menyongsong kongres. Selain memasang backdrop di ruang kongres, panitia juga sudah memesan snack dan kebutuhan lainnya. Total anggaran yang dikeluarkan guna menyediakan snack dan kebutuhan lainnya senilai Rp1 juta. Sejumlah peserta kongres tetap datang di lokasi tersebut sebelum akhirnya diminta pulang oleh panitia kongres.

Timbulkan Kerumunan

Jajaran Polsek Klaten Utara yang baru mengetahui kegiatan di pagi hari itu langsung mendatangi lokasi guna memastikan kongres ditunda sampai waktu tak terhingga. Hal itu guna mencegah persebaran virus corona dengan menghindari kerumunan.

Sebaran Corona di Indonesia Hampir Merata, Ada 3 Wilayah Baru Terdampak

“Saya awalnya patroli ke Ngawen. Memperoleh informasi ada kongres di kantor KONI Klaten [dari Bhabinkamtibmas], saya datang ke lokasi. Waktu itu pukul 10.00 WIB. Sampai di lokasi, kongres ternyata sudah ditunda oleh panitia," kata Kapolsek Klaten Utara, AKP Endang Sulistyawati, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Wiyono Eko Prasetyo, saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis.

"Pada prinsipnya, kerumunan orang perlu dihindari saat sekarang. Ini sesuai maklumat Kapolri dan surat edaran gubernur juga. Misal tadi [kemarin] acara tetap dilanjutkan, kami akan lakukan pendekatan persuasif. Jika tetap dilaksanakan, kami akan membubarkan paksa,” imbuhnya.

Hal senada dijelaskan Ketua KONI Klaten, Parwanto. KONI Klaten sudah mengimbau ke pengurus AFK Klaten agar menunda kongres terlebih dahulu. “Setelah memperoleh surat undangan, di hari yang sama [Senin lalu], kami langsung mengimbau ke panitia agar membatalkan kongres. Tapi, undangan terlanjur tersebar. Peserta yang terlanjur datang langsung diberi tahu jika kongres ditunda sampai kondisinya dinyatakan aman [terbebas dari persebaran virus corona],” katanya.

Kepengurusan Habis

Ketua AFK Klaten, Agus Susilo, mengatakan surat undangan ke peserta kongres sudah disebar beberapa waktu lalu. Diselenggarakannya kongres ini disebabkan kepengurusan AFK 2016-2020 sudah habis.

“Panitia sudah memesan snack dan backdrop. Kongres ini dilakukan guna regenerasi kepengurusan. Salah satunya memilih ketua baru. Kebetulan, saya pribadi sudah dua periode. Prestasi cabor futsal ini kan meraih jura I di Porprov Solo tahun 2018. Kami bertekad mempertahankannya, salah satunya dengan memikirkan regenerasi,” katanya.

Perempuan Pingsan di Jalan Wonogiri Dikira Terinfeksi Corona, Warga Tak Berani Menolong

Terpisah, Wakil Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Klaten, Jamal, mengatakan kongres yang digelar AFK di kantor KONI Klaten inkonstitusional. SK kepengurusan AFK di bawah kepemimpinan Agus Susilo sudah habis masa berlakunya sejak 8 Desember 2019. Askab PSSI Klaten sempat memperoleh surat teguran dari KONI Klaten agar segera melakukan regenerasi kepengurusan di AFK.

“Kami mempertanyakan legitimasi mereka dalam rangka menggelar kongres. Mereka sudah tak punya kewenangan menjalankan roda organisasi [AFK pimpinan Agus Susilo]. Saya sendiri sudah ditunjuk sebagai caretaker AFK Klaten sejak 1 Maret 2020. Tugas caretaker itu melakukan konsolidasi anggota AFK, menggelar Muscab/kongres, membentuk SC dan OC yang tak berasal dari caretaker, dan Muscab/kongres digelar selambat-lambatnya 1 Mei 2020,” katanya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho