SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, MAGELANG — Para pelajar Provinsi Sulawesi Utara yang menjadi peserta Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) mendapat materi bela negara di Resimen Induk Kodam IV/Diponegoro di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (14/8/2019).

Dandodik Bela Negara Rindam IV/Diponegoro Letkol Inf. Tentrem Raharjo mengatakan kegiatan siswa SMA/SMK dari Sulawesi Utara itu dijadwalkan selama dua hari, Rabu-Kamis (14-15/8/2019). “Sesuai dengan perintah Komandan Rindam IV/Diponegoro dalam kegiatan ini ada materi pembekalan teori baik bela negara, wawasan kebangsaan, dan kedisiplinan,” kata Tentrem seusai menerima penyerahan siswa Sulut peserta SMN 2019 dari Manajer CSR PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang, Yutiane Purwanita.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Melalui kegiatan tersebut diharapkan nantinya para siswa memiliki karakter yang berdisiplin. Ike menyebutkan peserta program SMN dari Provinsi Sulut ini diikuti sebanyak 23 siswa, tiga di antaranya adalah penyandang disabilitas.

Mereka sebelumnya telah melalui seleksi, antara lain, berupa tes wawancara, tes kebangsaan, potensi daerah, kebudayaan, dan kewirausahaan. “Kami bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan masing-masing provinsi,” katanya.

Ia menuturkan kegiatan SMN 2019 ini dalam rangka BUMN Hadir untuk Negeri yang ingin mengenalkan keberagaman kekayaan nusantara dan potensi daerah yang dikenalkan melalui interaksi langsung dengan komponen pemerintah, masyarakat, maupun di Rindam IV/ Diponegoro ini. “Di sini anak-anak dibekali dengan bagaimana dia cinta tanah air, bagaimana kesadaran mereka berbangsa dan bernegara, bagaimana mereka bisa membela negaranya. Hal ini akan bermanfaat bua mereka ke depannya, baik pribadi maupun negara kita,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya