Para pelajar dari Provinsi Sulawesi Utara peserta Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) mendapat materi bela negara di Resimen Induk Kodam IV/Diponegoro di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (14/8/2019). (Antara-Heru Suyitno)

Semarangpos.com, MAGELANG — Para pelajar Provinsi Sulawesi Utara yang menjadi peserta Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) mendapat materi bela negara di Resimen Induk Kodam IV/Diponegoro di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (14/8/2019).

Dandodik Bela Negara Rindam IV/Diponegoro Letkol Inf. Tentrem Raharjo mengatakan kegiatan siswa SMA/SMK dari Sulawesi Utara itu dijadwalkan selama dua hari, Rabu-Kamis (14-15/8/2019). "Sesuai dengan perintah Komandan Rindam IV/Diponegoro dalam kegiatan ini ada materi pembekalan teori baik bela negara, wawasan kebangsaan, dan kedisiplinan," kata Tentrem seusai menerima penyerahan siswa Sulut peserta SMN 2019 dari Manajer CSR PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang, Yutiane Purwanita.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan nantinya para siswa memiliki karakter yang berdisiplin. Ike menyebutkan peserta program SMN dari Provinsi Sulut ini diikuti sebanyak 23 siswa, tiga di antaranya adalah penyandang disabilitas.

Mereka sebelumnya telah melalui seleksi, antara lain, berupa tes wawancara, tes kebangsaan, potensi daerah, kebudayaan, dan kewirausahaan. "Kami bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan masing-masing provinsi," katanya.

Ia menuturkan kegiatan SMN 2019 ini dalam rangka BUMN Hadir untuk Negeri yang ingin mengenalkan keberagaman kekayaan nusantara dan potensi daerah yang dikenalkan melalui interaksi langsung dengan komponen pemerintah, masyarakat, maupun di Rindam IV/ Diponegoro ini. "Di sini anak-anak dibekali dengan bagaimana dia cinta tanah air, bagaimana kesadaran mereka berbangsa dan bernegara, bagaimana mereka bisa membela negaranya. Hal ini akan bermanfaat bua mereka ke depannya, baik pribadi maupun negara kita," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten