SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA- Salah satu peserta reka ulang adegan Serangan Oemoem (SO) 1 Maret 1949, Buwono Adji Subiantoro, 53, warga Kota Jogja meninggal dunia akibat serangan jantung.

Insiden terjadi sekitar pukul 08.30 WIB, Sabtu (1/3/2014). Pihak panitia acara peringatan SO 1 Maret dari Paguyuban Wehrkreise III kaget saat mendengar peristiwa itu. Panitia tidak mengetahui kalau ada peserta dari komunitas penggiat sejarah Djokjakarta 1945 yang menderita sakit jantung.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami tidak tahu kalau ada peserta punya sakit jantung dan menyesalkan peristiwa ini,” ungkap Yuli salah satu panitia acara kepada wartawan di RSU PKU Muhammadiyah Jogja, di jalan KH Ahmad Dahlan, Sabtu (1/3/2014).

Menurut dia, ke depan hal itu akan menjadi bahan evaluasi panitia terutama dari Paguyuban Wehrkreise III dan peserta lainnya. Menurutnya saat pingsan di lokasi, korban langsung dibawa anggota PMI ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan secepatnya. Namun jiwanya tidak tertolong ketika sampai di rumah sakit.

“Dari identitas KTP yang dibawa korban beralamat di Blunyah, Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo. Teman-teman dia satu komunitas secepatnya memberitahukan ke keluarganya,” katanya.

Sementara itu Ketua Komunitas Djokjakarta 1945, Eko Isgiyanto secara terpisah mengatakan korban jatuh pingsan diperkirakan sekitar pukul 08.30 WIB saat reka ulang adegan peperangan.

“Beberapa peserta lain yang ada di dekatnya tidak menyangka kalau korban benar-benar jatuh pingsan karena dalam reka ulang ada juga peserta yang terluka kena tembak dan mendapat pertolongan. Teman-teman baru sadar kalau dia sakit kemudian menghentikan drama adegan perang dan langsung menolong,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya