SOLOPOS.COM - Pemain dan ofisial tim Bogor Lavani merayakan keberhasilan mereka menjuarai Proliga 2023 di Padepokan Voli Jendral Polisi Kunarto, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/3/2022). Bogor Lavani akan berlaga di Proliga 2023 yang siap digulirkan dan diawali dari Bandung, Jawa Barat. (Anatra/Yulius Satria Wijaya)

Solopos.com, JAKARTA – Kompetisi bola voli paling bergengsi di Indonesia, Proliga 2023 akan kembali bergulir seperti sebelum pandemi Covid-19, yakni digelar di beberapa kota dan dihadiri penonton. Proliga juga memberlakukan denda bagi peserta yang mundur atau berhenti di tengah kompetisi.

“Kami mengikuti izin dari pemerintah, sudah diperbolehkan berlangsung di kota-kota dan ada penonton,” kata Direktur Proliga Hanny S. Surkatty, dikutip dari Antara, Selasa (30/8/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kondisi ini berbeda dengan Proliga 2022 yang dipusatkan di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor. Sedangkan Proliga 2021 tidak diadakan dan pada edisi 2020 kompetisi dihentikan seusai putaran kedua karena virus corona.

Hanny mengungkapkan Proliga 2023 dijadwalkan berlangsung dari 5 Januari sampai 19 Maret 2023 dan diawali dari Bandung, kandang juara putri Proliga 2022 yaitu Bandung Bank bjb Tandamata.

Perbedaan lainnya adalah Proliga 2023 bergulir selama empat hari setiap pekan, mulai Kamis hingga Minggu. “Kalau dulu kami mulai setiap Jumat. Sekarang setiap Kamis sampai Minggu,” kata Hanny.

Baca Juga: Unisri Voli Akademi Resmi Berdiri, Ketua PBVSI Solo Beri Apresiasi

Alasannya, jadwal final akan bergulir pada 18 Maret 2023 atau berdekatan dengan bulan Ramadan dan Idulfitri. Di sisi lain, SEA Games Kamboja juga dijadwalkan bergulir Mei tahun depan sehingga Proliga mengambil langkap tersebut.

Masih menurut Hanny, Proliga musim 2023 akan menyediakan uang pembinaan lebih banyak yaitu Rp2 miliar. “Kalau sebelumnya total uang pembinaan Rp1 miliar, sekarang kami naikkan 100 persen menjadi Rp2 miliar,” kata dia.

Baca Juga: Persis Solo Vs PSIS Semarang: Daftar Harga Tiket dan Lokasi Pembeliannya

Sejauh ini lima tim putri dan tujuh tim putra sudah memastikan turut serta.

“Kami masih menunggu konfirmasi satu tim putri untuk ikut serta dan di putra dipastikan bertambah satu tim, Bhayangkara Polri,” kata Hanny yang juga Ketua III Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP PBVSI.

Di sisi lain, peserta Proliga 2023 wajib menandatangani kontrak untuk mengikuti kompetisi selama dua musim. Jika mengundurkan diri dengan hanya mengikuti satu musim atau berhenti di tengah jalan, maka tim bersangkutan dikenai denda Rp1 miliar.

Berikut ini daftar tim perseta Proliga 2023:

KATEGORI PUTRI

Jakarta Popsivo Polwan

Jakarta Elektrik PLN

Jakarta Pertamina Fastron

Bandung Bank bjb Tandamata

Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia

 

KATEGORI PUTRA

Jakarta Pertamina Pertamax

Bogor Lavani

Jakarta BNI 46



Surabaya Samator

Palembang Bank SumselBabel

Kudus Sukun Badak

Bhayangkara Polri (pendatang baru)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya