SOLOPOS.COM - Andy Malarangeng (Foto: Antara)

Andy Malarangeng (Foto: Antara)

Solo (Solopos.com)–Janji Kota Solo untuk menggelar Kongres PSSI bernuansa budaya benar-benar ditepati. Proses kongres di Hotel The Sunan Solo, Sabtu (9/7/2011), diawali dengan proses kirab budaya yang menggunakan satu kereta kencana dan delapan biolet (kereta kencana yang bisa dibuka atapnya).

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Kirab ini diikuti oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andy Malarangeng, Ketua Komite Normalisasi (KN) Agum Gumelar, Walikota Solo Joko Widodo (Jokowi), Anggota KN sekaligus Wakil Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, Ketua KONI/KOI Rita Subowo, serta perwakilan dari FIFA dan AFC.

Mereka dikirab menggunakan kereta sejauh sekitar 1 kilometer. Prosesi kirab diawali dari Pertigaan Kerten menuju Hotel The Sunan Solo.

Rombongan kirab dipimpinan barisan drumband dari keraton Surakarta, kemudian diikuti oleh barisan kereta. Rita Subowo menaiki kereta kencana, sedangkan Agum duduk dalam satu kereta bersama Jokowi, Rudy dan Andy Malarangeng. Mereka tampak terkesan dengan prosesi kirab yang cukup unik ini.

“Sudah lama sekali saya tidak naik andong seperti ini. Terakhir naik waktu di Yogyakarta, tapi entah kapan sudah lupa,” kata Andy Malarangeng, yang terus menebar senyum dan melambaikan tangan kepada masyarakat yang berdiri antusias di pinggir jalan.

Di belakang barisan kereta, ada rombongan putri Solo dan Solo Batik Carnival. Kirab tersebut ditutup oleh barisan prajurit keraton, prajurit resko projo dan prajurit pok darwis. Masyarakat yang menyaksikan di pinggir jalan tampak antusias mengabadikan dan memberikan semangat untuk kelancaran jalannya KLB PSSI.

(yms)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya