SOLOPOS.COM - ITNY menyelenggarakan Conser 2022 1st 2022 International Conference on Sustainable Environment, Development, and Energy di Bali pada Senin-Selasa (5-6/12/2022). (Istimewa)

Solopos.com, BALI — Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan konferensi internasional, Conser 2022 1st 2022 International Conference on Sustainable Environment, Development, and Energy di Bali pada Senin-Selasa (5-6/12/2022).

Konferensi internasional tersebut diikuti peserta dari 20 negara di Asia dan Eropa, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Kanada, Qatar, Bangladesh, Jepang, Ukraina, Kroasia, dan lain-lain. Mereka mengikuti konferensi secara daring atau online maupun luring atau offline.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketuanya panitia Conser 2022, Wayan Suparta, menyampaikan konferensi internasional tersebut diselenggarakan dalam rangka memperkuat penelitian secara nasional dan internasional. Selain itu sebagai bentuk kolaborasi ITNY di bidang penelitian.

Wayan Suparta menyebut ada harapan besar dari konferensi internasional ini, yakni menumbuhkan semangat penelitian di kalangan dosen maupun mahasiswa. Selain itu, menghasilkan output publikasi internasional.

“Ada tantangan menyelenggarakan konferensi internasional secara hybrid ketika peserta beralih dari offline menjadi online sehingga panitia harus mengubah susunan program. rata-rata beralasan biaya sehingga terpaksa beralih dari offline ke online,” tuturnya.

Baca Juga : ITNY Gelar Seminar Nasional, Dorong Akademisi Kampus Bikin Penelitian

Biaya pendaftaran konferensi internasional tersebut berkisar US$20-US$200 untuk online dan US$70-US$300 untuk offline. Wayan Suparta menyebut biaya pendaftaran konferensi internasional yang diselenggarakan ITNY ini tergolong lebih terjangkau karena rata-rata biaya pendaftaran untuk konferensi sejenis di atas US$500.

“Peserta antusias karena konferensi ini memiliki output publikasi internasional. Selain itu ada kemungkinan terjadi kolaborasi antarpeneliti. Konferensi ini terbilang murah karena di bawah US$300. Di luar negeri di atas US$500 sehingga mereka antusias submit paper,” ungkapnya.

Ada 200 paper yang diunggah seluruh peserta, tetapi dia menyebut hanya 100-an paper yang didaftarkan secara resmi.

ITNY Mencapai Mimpi Emas

ITNY
Penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) tahun ajaran 2023/2024. (Istimewa)

Pada kesempatan itu, dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak, terutama keynote speaker dan pihak sponsor tunggal dari perusahaan tambang, PT Putra Perkasa Abadi.

Baca Juga : Mahasiswa ITP Padang Belajar Seni Budaya Jawa di ITNY

“Conser 2022 diselenggarakan di Bali untuk menarik peserta dari luar negeri. Apalagi baru saja diselenggarakan KTT G20 di Bali. Saya menyampaikan terima kasih kepada peserta, keynote speaker, sponsor tunggal PT Putra Perkasa Abadi, rekan-rekan panitia. Tidak lupa kepada pimpinan ITNY yang memberikan bantuan luar biasa.”

Rektor ITNY, Ircham, mengungkapkan konferensi internasional itu akan berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya. Dia juga berharap kerja sama dengan puluhan negara melalui Conser 2022 ini bisa bermanfaat bagi semua pihak.

“Kerja sama dengan beberapa negara ini bisa ditindaklanjuti dengan penelitian bersama, publikasi bersama antarnegara. Saya juga berharap ini jadi pemicu bagi ITNY untuk tumbuh dan menumbuhkan suasana akademik di kampus maupun di luar kampus,” tutur Rektor ITNY.

Menurutnya konferensi internasional ini akan mendatangkan banyak manfaat di tengah persaingan yang semakin ketat. Dia mencontohkan kolaborasi di bidang akademik, seperti penelitian, pertukaran mahasiswa dan dosen, dan lain-lain.

“Banyak hal yang bisa dilakukan. Ini sekaligus melaksanakan program [Merdeka Belajar-Kampus Merdeka] MBKM dari LL Dikti,” katanya.

Baca Juga : Gelar Wisuda Luring, Lulusan ITNY Harus Bisa Jawab Tantangan Zaman

Sebelumnya, ITNY melaksanakan program MBKM bekerja sama dengan Institut Teknologi Padang (ITP) dengan bertukar mahasiswa dan dosen. Selain itu, kerja sama ITNY dengan Universitas Tarumanagara Jakarta Barat dalam hal kuliah bersama.

“Nah, ini akan membuat kita semakin luas dan mengerucut ke arah technopreneurship di tahun 2045 sebagai tahun emas. Jadi, langkah-langkah ini saya harapkan akan makin mengerucut, menguatkan eksistensi ITNY dalam mencapai impian di tahun emas 2045.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya