SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Klaten siap digugat terkait proses rekrutmen CPNS 2009. BKD juga kembali menegaskan proses rekrutmen kali ini tak bisa diintervensi oleh pihak manapun.

“Siap-siap saja (digugat peserta yang tidak puas), karena semuanya sudah sesuai prosedur,” tegas Kepala BKD Klaten, Purwanto AC kepada wartawan di kompleks Pemkab Klaten, Jumat (11/12).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat ditanya mengenai munculnya keluhan para pelamar yang tidak lolos seleksi administrasi, Purwanto menandaskan hal tersebut sebagai bagian dari dinamika.

Keluhan para pelamar yang tak lolos proses seleksi bervariasi. Aris, 29, warga Cawas, Klaten mengeluhkan mengenai tidak jelasnya pengumuman formasi bagi pranata humas.

“Semestinya diterangkan lebih detail, lulusan DIII kehumasan disiplin ilmu apa yang diperlukan, sehingga semua orang tahu,” keluh dia.

Selain itu, ada pula keluhan mengenai perlunya sertifikat keahlian komputer khusus Microsoft Word dan Excel. Bagi para pelamar khususnya yang menuntut ilmu di teknik komputer, merasa hal tersebut sebagai sesuatu yang memberatkan.

Namun, hal itu dibantah oleh Purwanto. Dia mengatakan, sertifikat itu merupakan persyaratan umum yang harus dipenuhi. Itu menunjukkan para pelamar memiliki kemampuan cukup untuk komputer dengan program tersebut. “Begini, apa bedanya dengan kita sehat, tetapi harus melampirkan surat keterangan sehat? Apa bedanya dengan lulusan bahasa inggris yang harus melampirkan sertifikat TOEFL. Tidak ada bedanya, itu adalah persyaratan umum,” jelas Purwanto.

Selain itu, dia menegaskan Pemkab harus berangkat dengan pemahaman tidak semua sarjana lulusan teknik komputer memahami program tersebut.

Disiplin ilmu dalam teknik komputer, jelasnya, bervariasi dan tidak melulu belajar mengenai perangkat lunak. “Misalkan ada yang belajar perangkat keras, spesifikasi ke hal lainnya, tetapi belum tentu juga bisa program itu (Word dan Excel-red),” beber dia.

Terkait seleksi tertulis, saat ini, Lembar Kerja Jawaban (LKJ) telah ada di tangan Lembaga Management Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LM FE UI) untuk dikoreksi. BKD tak bisa mengetahui upaya koreksi yang dilakukan UI. Pihaknya sendiri juga baru bisa mengetahui hasil tes dan rankingnya sehari sebelum pengumuman ke publik dilakukan. Pengumuman rekrutmen rencana dilakukan pada Rabu (23/12).

“Dan perlu diketahui, saat proses pemberkasan bagi pelamar yang lolos, itu sudah ada persyaratan diperketat dari Menpan. Persyaratan itu adalah harus melampirkan urutan ranking yang sesuai dengan pengumuman.

haa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya