SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

Pesawat Lion Air dan Wings Air bersenggolan di Bandara Kualanamu, Medan.

Solopos.com, JAKARTA — Pesawat Lion Air JT197 rute Aceh-Medan mengalami senggolan dengan pesawat Wings Air IW1252 rute Medan-Melabo, setelah melakukan pendaratan di Bandara Kualanamu, Medan, Kamis (3/8/2017).

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Public Relations Manager Lion Air Group Andy M. Saladin mengatakan kejadian senggolan oleh kedua pesawat dari Lion Air dan Wings Air tersebut mengakibatkan kerusakan terhadap sayap masing-masing pesawat.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kalau kami lihat, kerusakan pesawat B737-900ER dari Lion Air itu tidak terlalu parah jika dibandingkan dengan pesawat ATR72-500 dari Wings Air. Meski begitu, kedua pesawat tetap harus grounded,” katanya di Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Andy mengklaim kejadian tersebut tidak mengganggu operasional penerbangan di Bandara Kualanamu. Hal itu dikarenakan kedua pesawat tersebut langsung dibawa ke tempat parkir pesawat (apron).

Dia menambahkan Lion Air Grup belum bisa berkomentar terkait penyebab dari kejadian tersebut, termasuk lokasi detail kejadian itu. Menurutnya, hal tersebut merupakan wewenang dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). “Kami akan menunggu hasil investigasi atas kejadian ini dari pihak yang berwenang, yakni KNKT,” tuturnya.

Sejalan dengan itu, Lion Air Group juga memastikan bahwa seluruh penumpang dari masing-masing pesawat dalam kondisi selamat. Dipastikan tidak ada satupun yang mengalami cedera akibat kejadian senggolan tersebut.

Andy menjelaskan bahwa penumpang Wings Air yang berjumlah 66 penumpang telah diberikan kebijakan pengembalian penuh (full refund) di tempat atau mengganti jadwal penerbangan (reschedule).

Sementara itu, 144 penumpang Lion Air akan diterbangkan menggunakan pesawat dari Lion Air Group lainnya, yakni Batik Air atau Lion Air, pada jadwal penerbangan berikutnya pada hari yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya