PESAWAT JATUH : Sebelum Hercules Jatuh, Karyawan Panti Pijat Berselfie
Petugas gabungan berusaha memadamkan api pesawat Hercules yang jatuh, di Jl Jamin Ginting, Medan, Sumatra Utara, Selasa (30/6/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Irsan Mulyadi)

Pesawat jatuh Hercules di Medan, Selasa (30/6/2015).

Solopos.com, MEDAN -- Pesawat Hercules jatuh di Jl Jamin Ginting, Medan, Selasa (30/6/2015). Salah satu bangunan yang kejatuhan pesawat Hercules yakni panti pijat dan sauna BS Oukup.

Sementara itu Kapolda Sumatra Utara (Sumut) Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo menyebut Hercules C-130 itu mengangkut 50 penumpang. Sementara berdasarkan pernyataan Gubernur Sumut, Hercules mengangkut 110 penumpang dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Saat peristiwa terjadi, satu kasir dan empat petugas room boy di panti pijat itu tengah bekerja. Satu orang karyawan bernama Amel sempat berfoto selfie bersama rekannya.

Rekan Amel, Ningsih, sebagaimana dikutip dari Okezone, mengatakan sebelum kejadian dia bersama korban Amel berfoto selfie. Amel mengajak Ningsih berfoto lantaran ia baru saja membeli telefon seluler dan berniat untuk menambah koleksi fotonya. Amel pun mengajak Ningsih berfoto di ruang depan panti pijat Oukup.

"Tadi pagi dia mengajak aku foto bersama di ruang depan. Aku enggak menyangka bisa terjadi seperti ini," ujar Ningsi kepada Okezone di lokasi, Selasa sore.

Namun akibat peristiwa itu, foto yang diharapkan Ningsih bisa menjadi kenangan dengan korban ikut hangus terbakar. "Enggak ada lagi, fotonya ada di telefon seluler dia. Barang kami juga hangus terbakar semua. Sudah lama kami bekerja bersama," ujar Ningsih mengakhiri pembicaraan.

Salah satu staf Hotel Golden, Elvrida Charina Tobing mengatakan semua bangunan panti pijat Oukup habis terbakar.  "Satu orang kasir dan 4 orang room boy Oukup menjadi korban," kata Elvrida Charina Tobing, ketika dihubungi Detik.

Hotel Golden Eleven terletak di seberang BS Oukup. Elvrida menyebut pesawat Hercules meledak di atas hotel lalu jatuh menimpa sejumlah bangunan termasuk BS Oukup. Elvrida menjelaskan, pemilik panti pijat dan sauana Oukup sama dengan pemilik Hotel Golden Eleven.

Robi yang merupakan pemilik Oukup dan Hotel Golden Eleven sempat mampir ke  Oukup. 20 Menit sebelum pesawat Hercules jatuh, Robi meninggalkan tempat usahanya.

Sedangkan ibu mertua dan anak Robi, yang saat itu tinggal di rumah di belakang Oukup berhasil diselamatkan. Keduanya dibawa ke Hotel Golden Eleven lewat belakang. "Ibu mertua dan anak Pak Robi selamat karena dilarikan dari belakang. Sekarang semuanya kumpul di Hotel Golden Eleven," tutur Elvrida.

Penumpang Tewas

Pesawat Hercules C-130 jatuh di Medanmembawa 50 penumpang. Diperkirakan, sebagian besar penumpang tewas dalam kejadian ini. Kapolda Sumatra Utara (Sumut) Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo menyatakan pesawat itu membawa sejumlah personel TNI yang akan bertugas di Pulau Natuna, Kepulauan Riau.

"Jumlah penumpang berdasarkan manifest sebanyak lima puluh orang," kata Eko di lokasi jatuhnya pesawat.

Tetapi Eko tidak bisa merinci dari 50 penumpang itu, berapa yang sipil dan berapa yang militer. Saat ini informasi lanjutan masih belum diperoleh.

Laporan TV One, pukul 16.00 WIB menyebutkan sekitar 40 jenazah telah dievakuasi dari lokasi kejadian.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom