SOLOPOS.COM - Begini kondisi pesawat TNI AU yang jatuh di sawah. (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, SLEMAN – Bangkai pesawat latih AS-202 Bravo LM 2022 yang jatuh di Sukoharjo telah selesai dievakuasi. Pesawat itu tiba di Lanud Adisutjipto Jogja pada Kamis (14/8/2014) pagi.

Berdasarkan sumber Harianjogja.com, bangkai pesawat itu saat ini disimpan di Skadron Teknik (Skatek) 043 Lanud Adisutjipto Jogja. Skatek 043 merupakan pelaksana pemelihara pesawat terbang di Lanud Adisutjipto.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu tugasnya yakni menyusun dan melaksanakan pemeliharaan alutsista TNI AU di lingkungan pangkalan. Sejumlah item engine dari LM 2022 akan diperiksa oleh tim Skatek dan dipastikan tidak digunakan lagi.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Adisutjipto, Mayor Hamdi Londong menjelaskan pesawat LM 2022 memang sudah tiba di Lanud Adisutjipto.

Dalam melakukan evakuasi tim terpaksa melepas sejumlah keterkaitan item pesawat untuk memudahkan pemindahan. Selanjutnya komponen LM 2022 itu diangkut dari Sukoharjo menuju Lanud Adisutjipto Jogja menggunakan dua truk.

“Tiba di Lanud Adisutjipto sekitar jam 09.00 WIB tadi pagi diangkut dengan dua truk,” terangnya saat dihubungi Harian Jogja, Kamis (14/8/2014).

Proses evakuasi hingga sampai ke Lanud Adisutjipto berjalan lancar. Pihaknya memastikan seluruh komponen pesawat sudah terbawa hingga ke pangkalan. “Dalam pemeriksaan teknisi belum tahu nanti peruntukannya, yang jelas sudah tiba di Lanud,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya