SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat glider untuk siswa penerbang TNI AU (defense-studies.blogspot.com)

Ilustrasi pesawat glider untuk siswa penerbang TNI AU (defense-studies.blogspot.com)

Solopos.com, SUBANG — Edmond Edware Pele, 26, siswa sekolah penerbang Pangkalan Udara Suryadharma, Kalijati, Subang, Jawa Barat tewas setelah pesawat glider yang diterbangkannya gagal mendarat di landasan. Pesawat terbang layang yang dikemudikan siswa penerbang asal Papua itu jatuh terbalik di kebun singkong sekitar pangkalan udara itu.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Kepala Pusat Penerangan Umum TNI Angkatan Udara Masrma TNI SB Supriyadi di Subang, Kamis (4/7/2013),  mengaku belum mengetahui pasti penyebab musibah yang menimpa pesawat glider bernomor registrasi G-2101 tersebut. Untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan itu, Angkatan Udara menurut dia, masih menunggu hasil investigasi.

Pesawat yang digunakan untuk berlatih siswa penerbang itu semula ditarik pesawat Cesna PZL/IN 027. Siswa angkatan XXIV yang telah memiliki 15 jam terbang itu terbang solo pada ketinggian 200 kaki dan sempat melakukan manuver dengan pola tertentu. “Ketika menuju landasan, pesawat dalam kondisi miring, lost speed lalu masuk spiral guide atau jatuh memutar,” papar Supriyadi.

Edmond, kata Supriyadi, meninggal dunia di lokasi kejadian. Sekolah Terbang Lanud Suryadharma Kalijati itu didirikan pada 1987 dan hingga kini sudah menghasilkan sekitar 200 lulusan. (JIBI/Antara/Detik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya