SOLOPOS.COM - Sceptor City (Nasa.gov)

Pesawat canggih berteknologi modern.

Harianjogja.com, JOGJA — Baru-baru ini, NASA kembali mengumumkan teknologi futuristik. Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat ini mengungkapkan pesawat listrik dari X-Plane Series yang disebut dengan X-57 yang telah dikembangkan selama lebih dari satu dekade mulai membawa angin segar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pesawat ini digerakkan oleh 14 motor listrik dan memiliki desain sayap yang unik. Seperti ditulis TheVerge.com, Senin (20/6/2016), pesawat ini memungkinkan jarak tempuh menjadi lebih cepat dan lebih efisien bagi pesawat berukuran kecil.

“Dengan kembalinya kemudi X-Planes kepada para peneliti NASA, kami mengumumkan teknologi pesawat X-57 akan mulai membuka era baru penerbangan di dunia,” ujar NASA Administrator Charles Bolden.

Pengembangan teknologi penerbangan ini merupakan bagian dari proyek inisiatif New Aviation Horizons yang telah berjalan selama sepuluh tahun. Pesawat ini juga dikenal sebagai Maxwell, diambil dari nama seorang fisikawan asal Skotlandia James Clerk Maxwell.

Setelah abad 19, Maxwell mencoba melakukan percobaan elektromagnet, di mana hal itu adalah bagian dari perjalanan sepuluh tahun NASA mengembangkan New Aviation Horizon. Inisiatif tersebut bertujuan mendorong batasan ilmu teknologi penerbangan dengan menciptakan pesawat eksperimen berteknologi canggih.

Sebagai sumber tenaga, sebanyak 14 motor listrik disematkan pada pesawat ini. Para peneliti NASA meyakini, dengan jumlah motor listrik yang banyak dapat mengurangi penggunaan jumlah energi hingga kecepatan 175mph. Desain sayap pesawat ini akan lebih panjang dan tipis dengan 12 penggerak yang diletakkan pada tepian sayap, tepatnya di barisan sayap keenam. Selain itu, disematkan juga satu penggerak yang lebih besar pada setiap ujung sayap.

Maxwell akan menjadi pesawat yang kelak dapat mengurangi penggunaan bahan bakar dan mengurangi kebisingan. Rencananya, pesawat X-57 ini siap diterbangkan pada tahun depan. Menurut NASA, setidaknya paling cepat tahun 2035, pesawat ini sudah dilengkapi dengan sistem propulsi listrik secara menyeluruh, sehingga dapat mengangkut penumpang komersial.

NASA telah melakukan penelitian X-Planes dengan cukup lama, dan pesawat ini akan segera selesai sebelum percobaan pesawat ini siap dilakukan. NASA juga mendapat penghargaan Lockheed Martin senilai 20 juta dolar sebagai perusahaan yang mengembangkan sendiri supersonik atas desain X-Planes. NASA berharap, upaya penelitian yang dilakukan selama ini dapat mewakili masa depan penerbangan dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya