Kategori: Nasional

PESAWAT AIRASIA DITEMUKAN : Media Asing Puji Gerak Cepat Basarnas


Solopos.com/Jafar Sodiq Assegaf/JIBI/Solopos

Pesawat Airasia ditemukan di perairan Selat Karimata. Penemuan ini diapresiasi sejumlah media massa Internasional.

Solopos.com, SOLO - Sejumlah media asing mengapresiasi penemuan Pesawat Airasia QZ 8501 di Selat Karimata dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Wallstreet Journal menyebut Indonesia memiliki kapabilitas tanggap bencana yang sangat baik.

"Kemampuan Tim Pencari dan Penyelamat Indonesia Terbukti Berpengalaman," demikian ditulis Wallstreet Journal dalam salah satu artikel yang mengulas ditemukannya Pesawat Airasia QZ 8501 itu.

Dalam artikel itu Wallstreet Journal mewawancarai Managing Editor Flight Global regional Asia, Greg Waldron. Waldron menilai kemampuan pencarian dan investigasi Airasia ini terbilang sangat baik.

"Indonesia memiliki banyak pengalaman di bidang tanggap bencana. Satu hal kehebatan mereka adalah penyelidikan dalam kecelakaan," demikian kata Waldron dalam artikel itu.

Senada dengan Waldron, ahli penerbangan dari perusahaan konsultan penerbangan Martin Consulting, Mark Martin mengatakan, Indonesia termasuk cepat dalam mengidentifikasi kecelakaan, seperti jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Jawa Barat, pada Mei 2012 yang menewaskan 45 orang.

"Indonesia punya kapal selam tanpa awak yang bisa mengarungi wilayah bawah laut. Jika pesawat Airasia QZ 8501 itu tenggelam di bawah laut, mereka pasti dengan cepat bisa menemukannya dan upaya penyelamatan pasti berjalan sukses," kata dia.

Share
Dipublikasikan oleh
Jafar Sodiq Assegaf