SOLOPOS.COM - Ilustrasi tiket kereta api (JIBI/Solopos/Dok)

Pesan tiket KA di loket kini tak lagi dilayani 24 jam.

Kanalsemarang.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV/Semarang membatasi jam operasional layanan pemesanan tiket dari loket yang semula berlangsung selama 24 jam. “Pemesanan tiket di loket yang ada di stasiun hanya mulai pukul 09.00 WIB-16.00 WIB. Aturan ini mulai 1 Juli 2015,” kata Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Suprapto di Semarang, Kamis (18/6/2015) .

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengatakan selama ini pemesanan tiket di loket di stasiun bisa dilakukan selama 24 jam. Tetapi, sekarang, jam operasional pemesanan tiket di loket dibatasi selama tujuh jam.

Menurut dia, pembatasan jam operasional pemesanan tiket kereta api (KA) di stasiun itu untuk memaksimalkan fungsi layanan pemesanan tiket melalui saluran eksternal atau ticketing online. “Kami ingin sekaligus mengedukasi masyarakat untuk menggunakan ticketing online, seperti website PT KAI, agen-agen tiket, Alfamart, Indomart, Kantor Pos, Pegadaian, dan sebagainya,” katanya.

Suprapto mengatakan di atas jam yang ditentukan untuk pemesanan tiket, loket yang ada di stasiun hanya akan melayani pembelian langsung (ticket go-show) untuk penumpang pada saat itu juga. Selama ini, kata dia, perbandingan pelanggan KA di wilayah Daops IV/Semarang yang menggunakan layanan external channel untuk membeli tiket dan pemesan di loket berbanding antara 60:40.

Tiket Lebaran 2015
Demi kelancaran perjalanan selama masa angkutan Lebaran 2015 ini, ia mengimbau kepada masyarakat yang telah memesan tiket melalui saluran eksternal untuk segera mencetakkan tiketnya.

“Pencetakan tiket kan bisa dilakukan di stasiun-stasiun yang memiliki fasilitas mesin cetak tiket mandiri (CTM), seperti Stasiun Tegal, Pemalang, Pekalongan, Weleri, Poncol, dan Tawang,” katanya.

Mesin CTM untuk mencetak tiket secara mandiri juga terdapat di Stasiun Ngrombo, Cepu, dan Bojonegoro, kata dia, jadi para pengguna jasa angkutan KA tidak perlu kesulitan mencetakkan tiket. “Data kami hari ini [Kamis, 18/6/2015], setidaknya ada 11.601 pemesan tiket [dari saluran eksternal] yang belum mencetakkan tiketnya. Jadi, kami imbau agar tidak terjadi penumpukan,” katanya.

Selain itu, Suprapto menjelaskan alur masuk penumpang di Stasiun Tawang dan Poncol Semarang akan mengalami perubahan pada masa angkutan Lebaran ini, khususnya untuk pengantar penumpang. “Sesuai aturan baru, nantinya pengantar penumpang tidak bisa masuk ke ruang tunggu stasiun [Ring 2]. Jadi, hanya penumpang yang bertiket saja yang boleh berada di Ring 1 dan 2,” katanya.

Kereta api (KA) tambahan, kata dia, seperti KA Tawang Jawa Lebaran, KA Kertajaya Lebaran, dan KA Matarmaja Lebaran hanya berhenti di Stasiun Poncol, tidak berhenti lagi di Stasiun Tawang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya