SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo alias Jokowi. (JIBI/Solopos/Antara/Harviyan Perdana Putra)

Presiden Jokowi berpesan beberapa hal di peringatan Nuzulul Quran, termasuk kepedulian pada sesama.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk menekankan dua hal ini saat memperingati Nuzulul Quran Tingkat Nasional 1438 Hijriah di Istana Negara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Negara menjelaskan, pertama, umat Islam diingatkan untuk semakin bersemangat dalam beribadah. Kedua, mereka diingatkan pada tindakan dan gerakan Rasullulah yang memakai nilai-nilai universalitas Alquran untuk mentransformasikan bangsa Arab menjadi beradab dan maju.

“Alquran menjadi rahmat bukan saja untuk bangsa Arab, tetapi untuk seluruh umat manusia di dunia ini. Oleh sebab itu, dengan meneladani Rasullulah dalam membangun bangsa dan negara Indonesia, dalam mengejar kemajuan dan kesejahteraan rakyat, harus bersandar pada tuntutan universalitas Alquran,” kata Jokowi, Senin (12/6/2017).

Menurutnya, kita akan termasuk golongan pendusta agama apabila tidak peduli pada sesama, fakir miskin, maupun berbuat kerusakan. Oleh karena itu, pemerintah terus fokus untuk meningkatkan ekonomi yang berkeadilan bagi seluruh masyarakat, memerangi kemiskinan, memberantas radikalisme, memberantas terorisme, dan menggebuk komunisme.

Pemerintah, imbuhnya, terus bekerja keras membangun infrastruktur, hubungan konektivitas di seluruh Tanah Air. Tujuannya, agar biaya logistik dan transportasi berkurang.

Selain itu, pemerintah mengeluarkan kebijakan pemerataan ekonomi, melalui pembagian aset bagi umat agar mempunyai lahan dan kemudahan akses permodalan serta membangun pendidikan vokasi yang massif.

“Dengan panduan Alquran, kita perlu memahami bahwa sudah menjadi kodrat bangsa kita Indonesia untuk hidup dalam kebhinnekaan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya