SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Perut kembung menimbulkan perasaan tak nyaman apalagi jika kita sedang sibuk beraktivitas. Meski sudah buang angin, kadang kala gas seolah berhenti di perut dan membuat perut begah.

Gas berlebihan dalam perut juga dapat menyebabkan perut terasa penuh seolah kekenyangan berat setelah makan. Produksi gas yang berlebihan dalam perut sering kali terjadi karena makanan dan gangguan sistem pencernaan.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Selain itu kebiasaan menelan udara ketika makan dan minum juga turut berpengaruh. Orang juga cenderung menelan udara lebih banyak ketika mengunyah permen karet, minum minuman bersoda, dan makan terlalu cepat. Penyebab lainnya adalah bakteri atau jamur.

Berikut ini beberapa cara untuk mengurangi kelebihan gas di pencernaan secara alami:

Ekspedisi Mudik 2024

1. Kunyah makanan dengan benar

Makanlah dengan cara mengunyah yang benar, yakni perlahan-lahan agar mengurangi jumlah udara yang ditelan. Kunyah sekitar 32 kali untuk menghancurkan makanan.

2. Ubah pola makan

Hindari makanan-makanan yang bisa menimbulkan gas misalnya sayuran brokoli, kecambah, kol, dan bawang. Buah-buahan seperti apel dan pir juga cenderung menyebabkan gas. Produk susu juga sulit diurai di usus sehingga bisa menyebabkan perut terasa penuh.

3. Konsumsi suplemen

Suplemen yang mengandung enzim pencernaan dapat membantu proses pencernaan lebih cepat dan efisien.Jenis suplemen tertentu mungkin mengandung enzim spesifik yang berguna untuk memecah karbohidrat kompleks dalam kacang-kacangan dan makanan penghasil gas lainnya.

4. Hentikan konsumsi pemanis buatan

Banyak produk makanan (bahkan yang mengklaim bebas gula) menggunakan gula artifisial yang mengandung pemanis buatan seperti sorbitol atau aspartam. Pemanis buatan menyebabkan lebih banyak gas dalam usus karena tubuh tidak dapat memecah makanan.

5. Konsumsi bahan herbal

Ada banyak bahan herbal yang dapat membantu mengatasi perut kembung dan membiarkan gas yang terperangkap keluar dari saluran pencernaan. Salah satunya adalah biji adas. Selain itu peppermint dan chamomile juga bisa dicoba. Teh peppermint dan chamomile dapat diminum kapan saja untuk mengurangi kembung.

6. Konsumsi probiotik

Asupan probiotik adalah cara efektif untuk memasok bakteri baik yang dibutuhkan usus mencerna makanan. Cari suplemen probiotik berkualitas tinggi yang mengandung bakteri Lactobacillus dan Bifidobacterium. Alangkah lebih baik memilih probiotik bebas susu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya