SOLOPOS.COM - Ilustrasi otak (www.myvmc.com)

Bioquarck berencana menghidupkan kembali otak mati menggunakan kekuatan sel induk.

Solopos.com, NEW YORK – Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Bioquark, menuai reaksi keras terkait proyek menghidupkan kembali otak mati. Sempat mendapat izin, proyek ini akhirnya dibatalkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Mashable, Sabtu (24/6/2017), tahun lalu, Bioquark sempat memperoleh izin etis untuk menggunakan 20 pasien untuk penelitian di India. Bioquarck menghidupkan kembali otak mati menggunakan kekuatan sel induk.

Ekspedisi Mudik 2024

Namun, percobaan itu dibatalkan setelah regulator India menutupnya. Dilansir Iflscience, kini, mereka kembali mengumumkan sebuah percobaan baru di Amerika Latin untuk beberapa bulan ke depan.

Dalam percobaan sebelumnya, ide dasarya ialah menyuntikkan sel induk ke sumsum tulang belakang pasien bersama dengan koktail peptida yang menunjukkan perkembangan neuron. Mereka kemudian bertujuan merangsang otak menggunakan stimulasi saraf listrik dan terapi laser.

Sel induk, sel yang tidak berdiferensiasi berpotensi berkembang menjadi berbagai jenis sel khusus, telah terbukti memiliki potensi besar untuk ilmu biomedis. Diharapkan teknik tersebut bisa menyembuhkan masalah terkait makula dan rambut rontok.

Penelitian sel induk yang lebih luas pada akhirnya menjanjikan pembuatan jaringan replika fungsional dan organ untuk digunakan sebagai pengganti. Awal tahun ini, kabarnya penelitian baru menghasilkan pertumbuhan jutaan sel otak dan otot dalam hitungan hari.

“Untuk melakukan inisiatif yang kompleks, kami menggabungkan alat pengobatan regeneratif biologis dengan perangkat medis lain yang ada yang biasanya digunakan untuk stimulasi sistem saraf pusat, pada pasien dengan gangguan kesadaran berat lainnya. Kami berharap bisa melihat hasilnya dalam dua sampai tiga bulan pertama,” kata Ira Pastor, CEO Bioquark Inc.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya