SOLOPOS.COM - Logo Google (design.google.com)

Google menjual Terra Bella ke Planet Labs.

Solopos.com, SOLO — Google akan menjual perusahaan pembuat satelit gambar, Terra Bella, kepada sebuah startup bernama Planet Labs. Perusahaan satelit tersebut sebelumnya diakuisisi Google senilai US$500 juta atau sekira Rp6,6 triliun.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Kabar penjualan diumumkan oleh pihak Planet Labs, pada Jumat 3 Januari 2017, waktu setempat. Dilansir Business Insider, Sabtu (4/2/2017), berdasarkan perjanjian Planet Labs akan mengakuisisi bisnis Terra Bella dan Google akan terus melisensi satelit tersebut untuk produk pemetaan.

Sayangnya, pihak Planet Labs tak mengungkap berapa mahar yang harus dibayar untuk menebus salah satu anak usaha Google tersebut. Langkah yang diambil oleh startup asal California, Amerika Serikat, ini menandai upaya baru perusahaan induk Google, Alphabet, untuk mengelola pengeluaran di Other Bets, sebuah perusahaan dan proyek di luar inti bisnis Google.

Sepanjang 2016, Alphabet telah membatalkan rencananya untuk menyebarkan internet melalui drone bertenaga surya dalam upaya menyebarkan layanan internet fiber secara luas.

Other Bets juga kehilangan pendapatan senilai US$1.088 miliar di kuartal akhir 2016 dan hanya meraih keuntungan US$262 juta dalam laporannya pada Januari. Oleh karena itu, langkah penjualan unit bisnis satelit dinilai dapat memulihkan kondisi finansial perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya