SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA —  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta penyedia jasa transportasi bus atau perusahaan otobus move on. PO harus berbenah agar penumpang merasa aman dan nyaman kala menumpang bus.

Menurutnya Menhub Budi karya Sumadi penumpang masa kini cenderung lebih fokus pada rasa nyaman dan aman dibandingkan dengan harga murah saat menggunakan bus sebagai sarana transportasi massal jarak jauh. “Bus itu harus move on. Mereka [penumpang] sanggup sebenarnya dengan harga lebih tinggi asal kualitasnya bagus,” ujarnya, Rabu (5/6/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu hal yang perlu diperhatikan, menurutnya, adalah usia bus. Pasalnya, bus berumur tua cenderung bergerak lebih lambat dan memiliki lebih banyak potensi gangguan atau masalah. Selain usia bus, dia juga meminta operator terus memperhatikan ‘kesehatan’ bus agar selalu layak jalan dan nyaman.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain bus, terminal-terminal yang ada juga diminta berbenah. Setidaknya ada lounge atau ruang tunggu penumpang berukuran 300 meter persegi agar penumpang bisa menunggu dengan nyaman di terminal sebelum berangkat. Selain itu, toilet yang bersih dan liket yang bagus juga dinilai bisa menjadi daya tarik lain bagi para penumpang. Di samping itu, terminal juga diharapkan bisa bebas dari aksi premanisme.

Menurut Budi, bus juga kapal laut menjadi sarana transportasi yang paling diminati baik selama musim lebaran ini juga ke depannya. Pasalnya, pesawat yang sebelumnya menjadi opsi perjalanan cepat dan nyaman untuk libur mudik lebaran saat ini agak jauh dari jangkauan lantaran harga tiketnya yang meningkat. “Dua itu jadi champion, satu laut, kedua lewat bis,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya