Kategori: Viral

Perusahaan Jepang Bikin Robot Gundam Dalam Ukuran Nyata


Solopos.com/Indah Pranataning Tyas

Solopos.com, YOKOHAMA — Penggemar Gundam sekarang dapat melihat robot raksasa itu dalam ukuran superbesar di kehidupan nyata. Sebuah perusahaan Jepang membuat replika ikon anime populer tersebut dengan tinggi 59 kaki atau setara dengan 18 meter dan berat 55.000 pon atau 25 ton.

Viral Video Kepala Desa Gantar Kesurupan Setelah Lihat Tari Jaipong

Rekaman uji coba robot Gundam ini diunggah oleh akun Twitter @yoshi115t pada 21 September 2020. Video tersebut menampilkan wujud robot raksasa yang menjulang tinggi di menara penyangga sebagai anjungan. Robot Gundam ini dapat berjalan, dan berlutut layaknya manusia. Bahkan robot ini bisa menggerakkan tangannya lalu mengepalkan jarinya.

Meskipun gerakannya masih terlihat kaku, ini merupakan kabar gembira bagi penggemar robot Gundam, melihat anime kesayangan mereka terlihat benar-benar hidup.

Dilansir News Week, Kamis (24/09/2020), robot yang dibangun di atas kerangka mekanis itu selesai pada 29 Juli lalu. Tubuh robot ini dibentuk dari 200 bagian yang terbuat dari baja, karbon fiber, dan plastik. Robot ini bahkan diberkati oleh pendeta Shinto selama upacara tradisional yang disebut Jotoshiki, sebelum kepalanya dipasang.

Viral Video Tiktok Guru Doakan Murid Meninggal Karena Mengeluh Kelas Online

Dikerjakan Mulai 6 Tahun Lalu

Robot Gundam raksasa ini dikerjakan sejak 2014, termasuk dua tahun untuk perencanaan dan pengembangan. Bentuk robot ini didasarkan pada desain model RX-78-2 di serial anime Mobile Suit Gundam yang merupakan serial anime yang populer di Jepang.

Anime ini muncul pada awal 1900-an. Kala itu, seniman Jepang seperti Oten Shimokawa mulai bereskperimen melalui trial dan eror untuk film animasi pendek. Namun saat itu, animasi mahal untuk diproduksi dan karya dari Jepang dibayangi oleh kesukesan Disney.

Selama Perang Dunia II, genre ini meluas ketika pemerintah militer Jepang mengintruksikan para animator untuk membuat film propaganda guna mempengaruhi massa.

Sementara itu Gundam Factory Yokohama yang memproduksi robot raksasa tersebut merupakan tuan rumah pembukaan atraksi turis yang akan dibuka pada Oktober 2020. Namun atraksi ini harus ditunda karena adanya pandemi Covid-19.

Selebgram Seksi Ini Perlihatkan DM Dapat Nomer Whatsapp dari Hotman Paris

Menurut pernyataan resmi perusahaan itu, keputusan ini dibuat untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pengunjung dan karyawan di tengah pandemi. Diketahui sedang dilakukannya persiapan, agar pengunjung bisa aman saat melihat atraksi tersebut.

Selain robot raksasa, Gundam Factory akan mencakup Gundam Dock, Lab Gundam, Akademi, ruang konferensi, dan Gundam Base Yokohame Satelit. Hal ini memungkinkan pengunjung bisa menyaksikan, mempelajari, meneliti, bahkan membeli produk Gundam asli dari perusahaan tersebut.

Dimodifikasi pada Kamis, 24 September 2020 22:29

Share
Dipublikasikan oleh
Jafar Sodiq Assegaf