Kategori: Bisnis

Perusahaan di Wonogiri dan Boyolali mulai Buka Lowongan, Mana Saja?


Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi/Aris Munandar

Solopos.com, WONOGIRI -- Sejumlah perusahaan di Wonogiri dan Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, mulai membuka lowongan pekerjaan, meski pandemi Covid-19 belum berakhir.

Hal ini dianggap sebagai tanda perekonomian telah pulih walau dihantam badai pandemi Covid-19. Lantas mana saja perusahaan yang mulai membuka lowongan pekerjaan tersebut?

Di Wonogiri ada dua perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, dua perusahaan tersebut adalah PT Nesia Pan Pacific Clothing yang berlokasi di Kecamatan Ngadirojo dan PT Bandung Indah Gemilang yang bertempat di Kecamatan Selogiri. PT Bandung Indah Gemilang adalah produsen sprei dan bed cover merek My Love dan California.

Baca juga: Pengamat UGM: Subsidi Listrik PLN Menurunkan Pengeluaran Masyarakat

Keduanya merupakan perusahaan tekstil. "Dua perusahaan itu memang terus membuka loker [lowongan pekerjaan] karena kebutuhan karyawannya masih banyak. Jika pabrik lain justru ada yang bilang mau mengurangi jumlah karyawan," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertras) Wonogiri, Ristanti, saat dihubungi Solopos.com, Rabu (14/4/2021).

Menurut Ristanti, jumlah karyawan yang dibutuhkan dua perusahaan yang membuka lowongan kerja tersebut beragam.

PT Bandung Indah Gemilang membutuhkan sekitar 400 orang. Sedangkan PT Nesia Pan Pacific Clothing masih membutuhkan karyawan sekitar 2.000 orang. Adapun posisi yang dibutuhkan rata-rata operator jahit dan teknisi mesin jahit.

Baca juga: BPOM Bongkar Kekurangan Vaksin Nusantara yang Dibela Matin-Matian DPR

Perusahaan Mulai Bangkit

"Posisi operator jahit biasanya berasal dari siswa SMK Tata Busana dan para peserta pelatihan menjahit di Balai Latihan Kerja [BLK]. Jika karyawan kurang terampil dibimbing lagi di perusahaan," ungkap dia.

Sementara itu di Boyolali, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Boyolali mencatat 20 perusahaan di Boyolali mulai bangkit. Perusahaan-perusahaan itu disebut sudah mulai menjalankan jam kerja normal dan merekrut karyawan lagi.

Ketua Apindo Boyolali, Imam Bahri, mengatakan saat ini bisnis dan ekonomi kembali menguat. "Beberapa perusahaan anggota Apindo Boyolali sudah kembali beroperasi normal. Bahkan ada yang sudah merekrut tenaga kerja lagi," kata dia, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: 5 Ekspektasi Terhadap Pasangan Ini Sebaiknya Dihindari

Dia mencontohkan PT Peaarland saat sudah mempekerjakan karyawan kembali. Perusahaan itu juga mulai membuka lowongan pekerjaan.

PT Semar Mas Garment sudah merekrut karyawan kembali sejak November 2020. Kemudian 50% karyawan yang terkena pengurangan jam kerja karena pandemi juga sudah dipanggil dan bekerja kembali.

Selanjutnya, PT Esgi Sambi dan PT Esgi Klego sudah beroperasi normal. Saat ini dua perusahaan itu juga kembali merekrut karyawan. Dua perusahaan itu pun masih membuka lowongan pekerjaan untuk 1.500 orang pekerja.

Share
Dipublikasikan oleh
Tika Sekar Arum