SOLOPOS.COM - Mobil listrik buatan Mobilijo Jogja melintas di jalanan di Jogja, Desember 2020. (Istimewa/Dok. pribadi)

Solopos.com, JOGJA — Semangat menyambut era kendaraan listrik di Indonesia ternyata juga muncul dari masyarakat, di antaranya dengan mulai hadirnya perusahaan custom sepeda, motor, hingga mobil listrik.

Pembeli bisa memilih sendiri model kendaraan listrik yang diinginkan. Tinggal menyiapkan dana mulai Rp15 juta, kendaraan listrik idaman siap dibikin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu perusahaan custom kendaraan listrik yang bisa memproduksi sepeda listrik, motor listrik, becak listrik, hinga mobil listrik berada di Jogja.

Baca juga: Asyiik, Tempat Wisata di Madiun Boleh Buka saat PPKM Jilid III

Ekspedisi Mudik 2024

Perusahaan bernama Mobilijo Jogja ini mulai melayani pembuatan kendaraan listrik sejak 2010. Semua produknya berbasis elektrik dengan sumber energi baterai dan penggeraknya dinamo.

Pemilik Mobilijo, Wiwien Vegas, mengatakan perusahaannya menawarkan custom kendaraan listrik, mulai dari sepeda listrik, motor listrik, becak listrik, hingga mobil listrik untuk area wisata.

Wiwien di media sosial sering memamerkan produk buatannya. Ada motor listrik custom yang bergaya klasik. Yang terbaru, pada akhir Desember 2020 dia mulai memperkenalkan custom mobil listrik yang diberi nama Molini.

Baca juga: Canggih! Mahasiswa Udinus Semarang Ciptakan Alat Deteksi Diabetes

Mobil Listrik Sederhana

Bentuk Molini sederhana dengan dua kursi, satu untuk pengemudi dan satu penumpang lain. Molini sudah menjelajahi sejumlah ruas jalanan Jogja pada siang dan malam hari.

“Untuk teknologi yang kami bikin full elektrik. Jadi sumbernya dari baterai dan penggeraknya menggunakan dinamo. Untuk mobil listrik yang pernah kami bikin rata-rata kecepatan maksimal 45 km [kilometer] per jam karena hanya untuk area wisata,” jelas dia saat dihubungi Solopos.com, Jumat (12/3/2021).

Bicara kecepatan, Wiwien sebenarnya bisa membuat custom kendaraan listrik dengan kecepatan sesuai pesanan pembeli. Sepeda listrik biasanya dibuat dengan kecepatan maksimal 35 km per jam.

Baca juga: Simpan Sabu di Kandang Ayam, Warga Grogol Sukoharjo Dicokok Polisi

Sedangkan motor listrik disesuaikan dengan permintaan dan anggaran customer. Mobilijo bisa membuat motor listrik dengan kecepatan 80 km per jam.

Disinggung mengenai harga, Wiwien menjelaskan secara umum konsumen bisa mendapatkan custom kendaraan listrik dengan harga mulai Rp15 juta.

“Untuk harga sepeda listrik custom kami mulai dari Rp15 juta sampai Rp25 jutaan. Lalu untuk motor listrik bervariasi tergantung besar kecil dinamo dan baterai. Rata-rata ya Rp30 juta sampai Rp45 jutaan,” ujar dia.

Baca juga: Bisnis Tanaman Hias, Ini Tips dan Trik Dari Pebisnis Milenial

Bagaimana dengan mobil listrik Molini? Wiwien mematok harga sekitar Rp40 jutaan. Harga Molini cukup terjangkau karena memang hanya digunakan untuk melintasi kompleks perumahan dan kawasan wisata.

Wiwien mengaku order custom kendaraan listrik cukup tinggi sebelum pandemi. Memasuki pandemi Covid-19 yang sudah berjalan sekitar setahun, pesanan turun tajam.

“Biasanya yang pesan ke kami via WA dan media sosial. Media sosial kami ada Instagram @mobilijojogja dan Facebook Mobilijo,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya