SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, SURABAYA — Perusahaan di Jawa Timur (Jatim) diharapkan mengoptimalkan tenaga kerja dari siswa magang untuk membantu proses produksinya. Kamar Dagang Industri Jawa Timur (Jatim) dan Kadin Jerman bersama dengan Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi (BKSP) mendorong perusahaan untuk merealisasikannya.

“Selama mereka magang, mereka juga akan dididik dan dilatih sesuai kebutuhan perusahaan tersebut sehingga ke depan bisa berpotensi untuk diserap sebagai tenaga kerja handal,” jelas Ketua BKSP Jatim, Adik Dwi Putranto, dalam rilis, Rabu (17/7/2019).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hanya saja, lanjutnya, hal itu bisa menjadi keuntungan bagi perusahaan atau sebaliknya hanya akan menjadi beban. Untuk itu, pihaknya akan membuat pola dan sistem agar upaya mengoptimalkan siswa magang ini dapat bermanfaat bagi keduanya.

Dia mengatakan saat ini pemerintah sedang menggencarkan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) guna meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan dan relevan dengan dunia kerja.

Dalam pelaksanaan program PSG, pendidikan sebagian diselenggarakan di sekolah dan sebagian dilaksanakan di industri. “Untuk itu, sinergitas antara dunia pendidikan dan dunia usaha–dunia industri untuk dapat menghasilkan SDM yang berkualitas,” imbuh Adik Dwi Putranto.

IHK (Kadin) Trier Jerman, Andreas Gosche, mencontohkan pola yang dilakukan siswa belajar di Jerman selama ini adalah para siswa belajar selama lima hari, dan tiga hari untuk praktik. Dengan begitu, lanjutnya, siswa yang telah lulus sudah siap untuk masuk ke dalam dunia kerja.

“Di Jerman saat ini banyak industri manufaktur, tapi apa pun perusahaannya tetap menggunakan pola pemagangan di sana agar terlihat bagaimana cara kerja siswa tersebut,” ujarnya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya