SOLOPOS.COM - Ilustrasi air keran/Funwithkids

Solopos.com, JAKARTA -- Bagi sebagian orang tentu penasaran dengan air keran yang dialirkan dari perusahaan daerah air minum (PDAM) kenapa harus dimasak sebelum diminum. Padahal jika dirunut, sesuai namanya perusahaan air minum harusnya juga menghasilkan air yang siap minum langsung dari keran.

Mengutip keterangan dari Kementerian PUPR di Twitter @KemenPU, Selasa (16/3/2021), Sebenarnya, air yang diproduksi perusahaan air minum, kualitasnya air minum alias aman untuk dikonsumsi langsung saat masih berada di instalasi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun demikian, dapat terjadi kontaminasi sepanjang proses distribusi ke pelanggan. Misalnya karena kebocoran pada pipa, sehingga kualitas air yang sampai di rumah tidak lagi setara air minum. “Karena itu, airnya harus dimasak dulu sebelum dikonsumsi,” ujar cuitan @KemenPU.

Baca Juga : Kursi Roda Elektrik Scewo Bro Bikin Naik-Turun Tangga Tak Lagi Masalah

Namun diakui atau tidak mayoritas PDAM di Indonesia baru sebagai perusahaan yang menyiapkan air bersih bukan air siap minum. Terlebih sekarang dengan semakin banyaknya air minum kemasan membuat praktik rebus air jadi hal yang ditinggalkan. Tuntutan pun makin naik dengan permintaan PDAM untuk menyediakan air siap minum bukan sekadar air bersih.

Monitor Kaporit

Secara bahasa teknis, air bersih dan air minum itu punya perbedaan 1 parameter. Hal itu yakni air bersih masih mentoleransi bakteri coliform dan air minum harus bebas coliform. Praktik mematikan bakteri inilah yang rupanya belum banyak teraplikasikan perusahaan daerah air minum di Indonesia dengan sejumlah alasan.

Selama ini PDAM membunuh bakteri dengan mencampur airt dengan zat klorin atau kaporit. Kesulitanya adalah saat PDAM harus mengalirkan air jauh ke rumah pelanggan, harus butuh mekanisme monitor klorin. Teorinya jika klorin hingga terjangkau tingkat keran pelanggan, maka air lebih cenderung bebas bakteri dan siap minum.

Makanya jangan heran di Indonesi hanya ada ada di Medan, Bogor, dan Malang di mana PDAM menyalurkan air siap minum. Dan perlu diingat misalnya di Kota malang, PDAM hanya menyalurkan air siap minum di beberapa pemukiman elite.  Sudah pasti hal ini terkait dengan support sistem yang tersedia untuk menyaring air bersih jadi air siap minum. Kita tentu berharap ke depan PDAM mampu memperluas layanan pelanggan di Zona Air Minum Prima (ZAMP).

Baca Juga : Nendo Punya Bola Sepak Nontiup, Praktis Bisa Dirakit Sesuai Selera

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya