SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/harian Jogja/word[ress.com)

Ilustrasi (JIBI/harian Jogja/word[ress.com)

JOGJA—Sejumlah perupa terpilih asal negeri Jiran, Malaysia, bakal meMAmerkan karya seni rupa bertajuk Kembara Jiwa atau The Travelling Soul yang akan dilangsungkan di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) 16-23 November mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pameran ini bertujuan untuk memperkenalkan, memberi edukasi dan mempromosikan budaya visual kontemporer Malaysia kepada masyarakat Indonesia.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Nur Hanim Mohamed, Kurator pameran, pameran yang dipimpin oleh Muhammad Abdul Aziz dan Bayu Utomo Radjikin ini akan melakukan sejumlah perjalanan di negara tetangga Indonesia. Dalam waktu dekat ini,  mereka juga berencana akan melakukan perjalanan ke seluruh Asia, Timur Tengah, Eropa dan Amerika.

Pameran ini, kata dia, menampilkan hasil karya 21 seniman terkemuka yang telah malang melintang berpameran di negerinya Malaysia.  Diantaranya seperti  Zulkifli Yusoff, Jalaini Abu Hassan, J Anurendra dan Yee I-Lann. “Mereka bahkan telah melakukan pameran di kancah seni regional maupun internasional sejak tahun 1990-an,” katanya kepada wartawan, Selasa, (13/11).

Hanya saja, kata dia,  beberapa diantaranya juga ada yang belum berpengalaman melakukan pameran sehingga belum dikenal secara luas.

Menurut dia, hal ini memang sengaja dilakukan untuk menggembleng kelompok seniman Malaysia yang terpilih agar bisa  berinteraksi dengan komunitas seni Indonesia, mengingat seni rupa kontemporer Indonesia dinilai lebih maju dan dikenal secara global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya