SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembangunan rumah sederhana (Wahyu Darmawan/JIBI/Bisnis)

Perumahan rakyat tampaknya tak lagi menjadi prioritas pemerintah, seiring pemangkasan anggaran subsidi rumah sederhana.

Semarangpos.com, SEMARANG — Pengembang perumahan di Jawa Tengah mulai mengerem pembangunan rumah sederhana seiring dengan informasi mengenai pemangkasan anggaran untuk rumah bersubsidi oleh pemerintah.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

“Langkah ini kami lakukan karena ada informasi kuota KPR bersubsidi untuk rumah sederhana sudah habis,” kata Wakil Ketua Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah Bidang Rumah Sederhana Andi Kurniawan pada pembukaan pameran perumahan di Mal Ciputra Semarang, Kamis (14/7/2016).

Diakuinya, kondisi tersebut berdampak pada semakin tingginya angka backlog untuk rumah sederhana yang selama ini menjadi solusi pemenuhan kebutuhan perumahan rakyat. Menurut dia, kondisi tersebut juga cukup membingungkan karena di satu sisi pengembang perumahan diminta untuk membangun rumah bersubsidi lebih banyak, tetapi di sisi lain anggaran untuk KPR bersubsidi justru dipangkas.

“Padahal permintaan masyarakat terhadap rumah sederhana terus meningkat,” katanya.

Terkait pemangkasan anggaran subsidi perumahan rakyat itu, para pengembang—khususnya penyedia rumah sederhana melalui fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP)—tengah melakukan konsolidasi untuk bersama-sama menyampaikan aspirasi kepada DPRD, khususnya terkait penambahan anggaran di APBD Perubahan. “Selain itu, kami akan mengajukan usulan ke Kementerian Perumahan Rakyat dan Kementrian Keuangan terkait kondisi ini,” katanya.

Sementara itu, terkait dengan pameran perumahan yang diselenggarakan mulai hingga 25 Juli 2016 tersebut, pihaknya khusus menawarkan rumah menengah ke atas. “Tidak ada rumah sederhana karena pameran khusus rumah sederhana sudah kami lakukan pada bulan puasa lalu,” katanya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya