SOLOPOS.COM - ilustrasi rumah murah. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Solopos.com, SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana membangun perumahan untuk pegawai negeri sipil (PNS) di wilayah setempat. Namun DPRD Solo menilai Pemkot akan kesulitan mencari lahan untuk merealisasikan program itu.

Ketua Komisi I DPRD Solo, Budi Prasetyo, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/10/2014), mengatakan proyek perumahan PNS itu membutuhkan lahan minimal 5.000 meter persegi. Dia memberi alternatif wilayah Solo utara, terutama Mojosongo untuk realisasi perumahan PNS itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Secara teknis, kata dia, PNS akan dimudahkan untuk mendapatkan fasilitas perumahan lewat program kredit perumahan rakyat (KPR) dengan menggunakan jasa koperasi.

“Program perumahan PNS itu bagus karena banyak PNS golongan I yang belum punya rumah. Pemkot harus mendata berapa PNS yang belum punya rumah. Data itu bisa menjadi dasar untuk menghitung kebutuhan lahan dengan asumsi rumah tipe 27,” papar Budi.

Budi memprediksi nilai jual rumah tipe 27 itu di atas Rp100 juta/unit. Prediksi itu didasarkan pada harga rumah dengan tipe yang sama di daerah Gentan, Sukoharjo.

Praktisi developer Solo, Lukman Hakim, menerangkan program perumahan rakyat itu memungkinkan adanya subsidi dari pemerintah, apalagi bila sumber dananya dari pemerintah pusat. Berdasarkan pertimbangan lokasi di Mojosongo, Lukman memproyeksikan nilai jual rumah itu minimal Rp150 juta.unit dengan asumsi tipe 27 dan luas tanah 70 meter persegi.

Terpisah, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, Pemberdayaan Anak, dan Keluarga Berencana (Bapermas, PP, PA, dan KB) Solo, Anung Indro Susanto, menyatakan para PNS sangat memungkinkan mendapatkan subsidi dari pemerintah pusat karena setiap gaji PNS selalu dipotong untuk tabungan perumahan per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya