SOLOPOS.COM - Sejumlah warga membereskan bongkaran rumah yang semula didirikan di dekat Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Kerkov, Kelurahan Purwodiningratan, Kecamatan Jebres, Solo, Rabu (12/2/2014). (JIBI/Solopos/Iskandar)

Sejumlah warga membereskan bongkaran rumah yang semula didirikan di dekat Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Kerkov, Kelurahan Purwodiningratan, Kecamatan Jebres, Solo, Rabu (12/2/2014). (JIBI/Solopos/Iskandar)

Perumahan pekerja tampaknya bakal segera terealisasi di Jawa Tengah. BPJS merencanakan membangun rusunawa khusus pekerja di sejumlah daerah di Jawa Tengah

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan telah merencanakan pembangunan rumah susun sewa (rusunawa) untuk pekerja di sejumlah kabupaten serta kota di Jawa Tengah dan ditargetkan tahun ini dapat terealisasi.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja, nanti akan disupport dengan rusunawa,” kata Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G. Masassya seusai bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah di Kantor Gubernur seperti dikutip Antara, Selasa (13/1/2015).

Pembangunan rumah susun sewa tersebut diperuntukkan untuk pekerja yang punya upah dan sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal dengan masa kepesertaan selama satu tahun.

Elvyn menjelaskan lokasi pembangunan rusunawa menyesuaikan lahan yang disediakan oleh pemerintah daerah setempat dan untuk di Kota Semarang misalnya, akan dibangun satu twin blok yang mampu menyediakan 100 unit rumah di Kecamatan Tugu.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan pemerintah akan menyediakan lahan tidak hanya untuk pembangunan rumah susun sewa, tetapi juga rumah yang dapat dimiliki oleh pekerja dengan kredit yang terjangkau.

Pembangunan rusunawa, lanjut Ganjar, diharapkan dapat dibangun di kawasan industri agar pekerja lebih dekat dengan tempat kerja dan dapat memotong biaya transportasi.

“Jika pekerja dapat tinggal dekat dengan tempat kerja, maka bisa kompetitif. Sebelumnya juga sudah bertemu dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan harapannya segera dibangun rumah nyaman dan bagus seperti yang sudah dibangun di Batam rumahnya tidak luas tetapi cukup lega,” katanya.

Asisten II Bidang Kesra Pemprov Jateng Djoko Sutrisno menambahkan rumah susun sewa untuk pekerja yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan direncanakan dibangun di Kota Semarang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Cilacap, Karanganyar, Sragen, Boyolali, Suhokarjo, Pekalongan, Tegal, Pati, dan Kudus.

Terkait jumlah kepersertaan, Elvyn mengaku jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan di Jawa Tengah masih perlu terus ditingkatkan salah satunya dengan cara menggandeng perusahaan, Disnakertrans, dan jaksa untuk pengawasan, serta menambah kantor cabang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya